logo rilis
Gimana Hilangkan Komedo? Oh Ternyata Begini Cara Mudahnya
Kontributor
Tari Oktaviani
13 Desember 2019, 11:39 WIB
Gimana Hilangkan Komedo? Oh Ternyata Begini Cara Mudahnya
Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Menjadi wanita pengennya sih memiliki wajah yang mulus dan glowing seperti artis-artis korea ya. Tetapi kenyataannya tak sejalan dengan impian. Salah satu yang mengganggu wajah wanita yakni timbulnya komedo. 

Komedo biasanya muncul di permukaan wajah di sekitar hidung, pipi dan dagu. Ada dua jenis komedo yang seringkali muncul yaitu komedo hitam dan putih. 

Komedo terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak alami kulit (sebum) yang berlebih. Biasanya hal ini dikarenakan kita malas mencuci muka setelah make up atau mencuci mukanya tidak bersih.

Membersihkan komedo bisa dengan cara facial dan scrub di salon. Salon biasanya menggunakan alat penyedot komedo sehingga mudah terangkat. Tetapi sebenarnya ada cara mudah dan murah yang bisa kita lakukan di rumah setiap hari loh. Tentunya dengan menggunakan bahan yang mudah ditemukan.

1. Pasta gigi

Pasta gigi yang mengandung fluoride dan mineral dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan komedo. Disarankan pilih pasta gigi yang non herbal alias berwarna putih saja. Caranya cukup oles di area wajah yang banyak komedonya. Lalu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan bersih.

2. Kopi dan Gula

Kedua bahan ini tentunya gampang banget dicari di rumah. Cukup campurkan kedua bahan ini secukupnya sehingga membentuk pasta. Lalu scrub dengan pasta tersebut ke area wajah yang ada komedonya. Diamkan beberapa saat lalu bilas.

3. Lemon

Buah lemon dikenal kaya vitamin C nya. Tak hanya itu, lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit. Untuk menghilangkan komedo dengan lemon cukup dengan peras buah lemon lalu oleskan pada area wajah berkomedo. Diamkan beberapa saat sampai kering lalu bilas.

4. Tomat

Snyawa anti-oksidan yang dikandung tomat mampu menangkal radikal bebas sehingga sel kulit mati tidak lagi menumpuk pada wajah. Cara penggunaannya iris buah tomat lalu oleskan pada wajah dan diamkan beberapa saat. Jika dirasa sudah kering tinggal bilas dengan air hangat.

5. Putih Telur

Siapa yang tak kenal manfaat putih telur untuk kecantikan. Kandungan protein dan mikronutriennya dapat mengecilkan pori-pori dan tidak akan menyebabkan timbulnya komedo. Caranya dengan gunakan putih telur sebagai masker lalu diamkan 20-30 menit dan bilas dengan air hangat.

6. Madu

Madu bisa mencerahkan kulit dan juga bisa mengangkat kulit mati karena mengandung banyak anti-oksidan. Oleskan madu pada wajah, diamkan sampai terasa kering. Lalu bilas dengan air bersih.

Bahan-bahan tersebut bisa digunakan secara rutin untuk menghilangkan komedo. Tentu jika rajin membersihkan wajah juga dapat membantu kurangi komedo yang terlanjur menumpuk di wajah. Selamat mencoba...

Sumber: Berbagai Sumber




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID