logo rilis
Asyik! Mal dan Pasar non Pangan Dibuka Mulai 15 Juni, tapi...
Kontributor
Nailin In Saroh
04 Juni 2020, 15:30 WIB
Asyik! Mal dan Pasar non Pangan Dibuka Mulai 15 Juni, tapi...
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. FOTO: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya mengizinkan mal dan pasar non pangan dibuka mulai Senin 15 Juni 2020. Tapi, kapasitas pengunjungnya akan dibatasi hanya 50 persen dari waktu normal.

"Pasar non pangan baru bisa dimulai pada Senin 15 Juni. Jadi Senin 15 Juni, baru pusat pertokoan, pasar-pasar non pangan baru bisa mulai buka," ujar Anies Jakarta, Kamis (4/6/2020).

Hal ini sesuai dengan jadwal pembukaan transisi fase I DKI Jakarta. Namun, pembukaan transisi fasi I ini tidak berlaku bagi RW yang masih bercap zona merah.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah resmi memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibu Kota dengan menjadikan bulan Juni sebagai masa transisi fase pertama. Sejumlah kegiatan bakal diizinkan untuk dibuka kembali namun dengan penjadwalan.

Jadwal ini dibagi menjadi 4 pekan. Pekan pertama adalah tanggal 5-7 Juni, pekan kedua dari 8-14 Juni, pekan ketiga berlangsung sejak 15-21 Juni dan pekan terakhir 22-28 Juni. 

Selain mal dibuka pada pekan ketiga, dalam masa transisi fase pertama ini, pekan kedua diizinkan bagi perkantoran untuk bisa beraktivitas dimulai Senin 8 Juni dengan kapasitas yang sama seperti pusat perbelanjaan, yakni 50 persen. 

Sementara bagi rumah makan yang terpisah dari pusat pertokoan atau mandiri, juga diizinkan buka mulai Senin 8 Juni.

"Perindustrian, pergudagangan, lalu pertokoan, ritel yang sifatnya berdiri sendiri dan bukan bagian dari pusat pertokoan itu bisa beroperasi Senin 8 Juni. Lagi-lagi kapasitas tamu cuma 50 persen. Semua pengaturan di dalam harus andalkan jarak 1 meter," jelas Anies. 

Kemudian, untuk taman rekreasi indoor maupun outdoor baru bisa dimulai Sabtu, Minggu 20,21 Juni. Adapun kegiatan sosial budaya sudah bisa dimulai besok.

"Perpustakaan, museum, galeri, RPTRA itu bisa dimulai besok, Jumat 5 Juni 2020," kata Anies. 

 

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID