logo rilis
Anggota DPR: Menag Batalkan Keberangkatan Ibadah Haji Secara Sepihak
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
02 Juni 2020, 19:30 WIB
Anggota DPR: Menag Batalkan Keberangkatan Ibadah Haji Secara Sepihak
FOTO: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi VIII DPR RI, Muslich Zainal Abidin, menyayangkan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi yang melakukan pembatalan keberangkatan jemaah haji 2020 secara sepihak. Bahkan, menurutnya, pembatalan itu dilakukan secara mendadak. 

"Keputusan pembatalan yang disampaikan pada hari ini, Selasa 2 Juni 2020 sangat begitu mendadak karena tidak dilakukan dengan konsultasi terlebih dahulu dengan Komisi VIII DPR RI," kata Muslich dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/6/2020). 

Dengan pembatalan sepihak itu, kata Muslich, pihaknya tidak bisa memberikan penjelasan kepada publik terkait keputusan tersebut. Untuk itu, dirinya meminta agar pimpinan Komisi VIII DPR RI bisa memanggil Menag Fachrul. 

"Saya meminta kepada Pimpinan Komisi VIII untuk segera memanggil Menteri Agama untuk menjelaskan kepada kami di Komisi VIII terkait pembatalan haji 2020 M/ 1441 H.

Dia berharap, Kemenag ke depannya bisa berkoordinasi yang baik dengan DPR RI dalam setiap pengambilan keputusan. Jangan sampai, koordinasi hanya dilakukan terkait kebutuhan tambahan anggaran kementeriannya saja. 

"Dalam pengambilan keputusan strategis yang melibatkan masyarakat banyak kami dilupakan," ujarnya. 

Meski begitu, menurut Muslich, pada dasarnya dirinya memaklumi isi keputusan pembatalan ibadah haji ini, karena akan berdampak positif bagi upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Indonesia atau kemungkinan di Tanah Suci.

"Selain itu hingga saat ini pemerintah Arab Saudi belum memastikan apakah ibadah haji akan tetap digelar atau tidak, sehingga akan sulit bagi pemerintah Indonesia untuk melakukan persiapan pelaksanaan ibadah haji dalam waktu kurang dari dua bulan dengan jumlah jemaah haji Indonesia yang sangat besar," tandasnya. 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID