Amien Rais: Kalau Ada yang Bawa Orang Luar di Kongres, PAN Bisa Hancur - RILIS.ID
Amien Rais: Kalau Ada yang Bawa Orang Luar di Kongres, PAN Bisa Hancur
Zulhamdi Yahmin
Sabtu | 08/02/2020 19.30 WIB
Amien Rais: Kalau Ada yang Bawa Orang Luar di Kongres, PAN Bisa Hancur
FOTO: RILIS.ID

RILIS.ID, Surabaya – Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, mewanti-wanti kepada semua para calon ketua umum partai tersebut untuk tidak membawa orang luar dalam suksesi kepemimpinan di Kongres ke-5 PAN 2020. 

Menurut Amien, partai berlambang matahari terbit itu bisa menuju kepada kehancuran bila orang luar partai diajak bermain dalam kongres yang akan digelar di Kendari tersebut. 

Amien menyampaikan hal itu saat menghadiri deklarasi pencalonan Mulfachri Harahap dan Hanafi Rais sebagai caketum dan calon sekjen PAN 2020-2025 di Surabaya, Sabtu (8/2/2020). 

"Kalau membawa unsur dari luar PAN, berarti melakukan distrupsi dan kehancuran bagi PAN," tegas Amien.

Amien kemudian meminta kepada Mulfachri untuk merangkul semua kader partai apabila menang dalam kontestasi di kongres dan menjadi Ketua Umum PAN 2020-2025.

"Kalau nanti (Mulfachri dan Hanafi) menang, semua kader PAN harus dirangkul tanpa terkecuali," ujar Amien. 

Dia menegaskan, langkah merangkul tersebut untuk menghindari perpecahan di internal PAN pasca-kongres.

Menurut dia, PAN memperoleh suara sekitar 7 persen dalam Pemilu 2019. Sehingga, tidak mungkin melakukan toleransi terhadap perpecahan di internal.

Mantan Ketua MPR RI itu mengajak semua kandidat untuk bertarung dalam kontestasi pemilihan Ketum PAN 2020—2025 secara elegan, transparan, dan jujur.

Ia mengingatkan kepada para kader PAN bahwa tidak ada tujuan kegiatan berpartai, kecuali perbaikan untuk partai dan bangsa.

"Bismillah, dengan ikhlas dan kebersamaan mudah-mudahan tidak ada yang aneh-aneh Kongres Ke-5 PAN, sepulang ini semua dirangkul agar (perolehan suara) PAN bisa lebih tinggi lagi," katanya.

Sebelumnya, politikus PAN Mulfachri Harahap pada hari Sabtu mendeklarasikan diri maju sebagai Calon Ketua Umum PAN dengan dukungan sebanyak 355 pemilik suara dari DPW dan DPD PAN seluruh Indonesia.

Dalam acara deklarasi Mulfachri di Surabaya itu dihadiri sebanyak 298 pemilik suara dari DPW dan DPD PAN seluruh Indonesia.

Sumber Antara


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID