logo rilis
Alhamdulillah, BPJS Kesehatan akan Tanggung Biaya Pasien Virus Corona
Kontributor

30 Januari 2020, 15:44 WIB
Alhamdulillah, BPJS Kesehatan akan Tanggung Biaya Pasien Virus Corona
Ilustrasi Virus. RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— BPJS Kesehatan masih menjamin biaya pasien yang terkena indikasi virus corona. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma'ruf. 

"Ya (kita jamin). Sesuai indikasi medis dan prosedur yang berlaku dalam program JKN-KIS," ujarnya seperti dilansir kompas.com.

Meski begitu, ada pengecualian bila virus corona sudah mewabah di Indonesia. Menurutnya, bila sudah mewabah maka BPJS Kesehatan tak dapat lagi menanggung biaya pasien.

"Justru ketika dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB), maka tidak bisa dijamin BPJS Kesehatan," imbuhnya.

Iqbal menyebut hal itu tertuang dalam aturan soal penjaminan BPJS Kesehatan tertuang dalam Perpres 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Dalam aturan tersebut, terutama dalam pasal 52 ayat 1 poin o dijelaskan pelayanan kesehatan tidak dijamin akibat bencana pada masa tanggap darurat, kejadian luar biasa/wabah.

Indonesia sendiri diketahui belum ada yang benar-benar positif mengidap virus corona. Meski begitu Pemerintah tetap siap siaga bila virus corona masuk ke Indonesia.

Di Cina sendiri hingga Rabu (29/01/2020), sudah ada 132 orang meninggal karena virus corona. Sementara untuk seluruh dunia dilaporkan sekitar 7000an kasus akibat corona.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID