Aksi Para Relawan Cilik 'Selamatkan' Kali Ciliwung Depok - RILIS.ID
Aksi Para Relawan Cilik 'Selamatkan' Kali Ciliwung Depok

Senin | 23/04/2018 05.15 WIB
Aksi Para Relawan Cilik 'Selamatkan' Kali Ciliwung Depok
Bersamaan dengan peringatan Hari Bumi, anak-anak Sekolah Dasar Alam Kampung Sawah melakukan 'operasi semut' di pinggiran Kali Ciliwung, Depok, kemarin (22/4/2018). FOTO: Dok. pribadi

RILIS.ID, Depok – Anak-anak sekolah dasar punya cara unik untuk memperingati Hari Bumi.

Kemarin (22/4/2018), siswa-siswi Sekolah Dasar Alam (SDA) Kampung Sawah, melakukan sejumlah kegiatan sosial dan lingkungan. Para relawan cilik itu tak canggung menggelar 'operasi semut' di pinggiran Kali Ciliwung, Depok. 

Menurut guru-guru yang mendampingi para muridnya itu, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

"Bertepatan dengan hari bumi kali ini, Sekolah Alam Kampung Sawah bekerjasama dengan Komunitas Ciliwung Depok mengadakan kegiatan operasi semut di pinggiran sungai ciliwung juga donasi buku untuk rumah baca Ciliwung," tutur Founder dan Kepala SDA Kampung Sawah Yuli Pinasti.

Yuli juga menyampaikan, kegiatan tersebut masuk dalam kegiatan pembelajaran jelajah Kota Depok sekaligus mencatat kekayaan hayati yang dimiliki Kota Belimbing itu.

Menurutnya, kecintaan terhadap lingkungan tidak dapat terpisahkan dari inti pembelajaran Sekolah Alam Kampung Sawah. 

"Operasi semut ini bertujuan untuk mengasah empati siswa berkenaan dengan kondisi lingkungan saat ini. Ini yang menjadi dasar pembelajaran sekolah kami," jelas dia.

Aksi yang dilakukan para murid memang terbilang sederhana, yakni memungut sampah yang berserak di pinggiran Sungai Ciliwung.

Namun, dengan kegiatan itu, setidaknya anak-anak telah didik sejak dini untuk melakukan aksi nyata dalam upaya menyelamatkan lingkungan dari potensi bencana yang disebabkan ulah manusia.

"Kami berharap, kelak, ketika mereka dewasa, mereka akan menjadi problem solver handal. Setidaknya untuk kota mereka sendiri," harap Yuli.

Selain memungut sampah, anak-anak juga mendonasikan buku bacaan untuk rumah baca yang dikelola oleh Komunitas Ciliwung Depok. 

Sejumlah kegiatan itu menurut Yuli akan mengajarkan para murid untuk peka terhadap lingkungan sekitar. Sehingga, diharapkan akan muncul generasi penerus yang akan berkontribusi dalam upaya memajukan masyarakat.

"Kita tidak sedang membangun sekolah tapi kita sedang membangun peradaban," tutupnya.


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID