Relawan dan Tim Medis Dompet Dhuafa Siap Menuju Palu Melalui Gorontalo - RILIS.ID
Relawan dan Tim Medis Dompet Dhuafa Siap Menuju Palu Melalui Gorontalo

Minggu | 30/09/2018 20.34 WIB
Relawan dan Tim Medis Dompet Dhuafa Siap Menuju Palu Melalui Gorontalo
Tim respons #LoveSulawesi menuju Palu. FOTO: Dompet Dhuafa

RILIS.ID, Gorontalo – Tim respons cepat #LoveSulawesi dari Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, yang bergerak dari Jakarta subuh tadi, sudah tiba di Gorontalo, untuk nantinya melanjutkan misi kemanusiaan ke Donggala, Palu, dan wilayah terdampak gempa lainnya. 

"Tim medis dari Dompet Dhuafa Cabang Sulawesi Selatan, juga sudah tiba dan bergabung di Gorontalo," ungkap drg. Imam Rulyawan, selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi.

Pada Sabtu (29/9) pagi, sekitar pukul 09.00 WIB, tim respons cepat DMC Dompet Dhuafa yang bergerak dari Jakarta dan tim medis dari Dompet Dhuafa cabang Sulawesi Selatan, telah mendarat di Gorontalo. Sebagai akses terdekat yang dapat dijangkau penerbangan, Gorontalo menjadi pilihan untuk menuju Palu dan Donggala, sebagai upaya merespons cepat korban bencana gempa bumi yang mengguncang Sulawesi Tengah.

"Tim alhamdulillah sudah mendarat di Gorontalo. Dari sini (Gorontalo), kami akan set-up relawan dan keberangkatan melalui jalur darat. Tim medis dari Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan juga sudah merapat," jelas Narwan, selaku Koordinator Lapangan tim respon Gempa Bumi Sulawesi Tengah, DMC Dompet Dhuafa, melalui pesan singkat.

Menurut Narwan, tak hanya personil relawan yang disiapkan pada pergerakan pertama. Tetapi juga perbekalan seperti APD Rescue, genset untuk penerangan, tenda darurat, dan beberapa logistik kebutuhan dasar pengungsi. Perlengkapan medis beserta ambulance dari cabang Dompet Dhuafa tersekat, sedang diupayakan untuk bergerak melalui jalur darat.

"Sambil assesment kebutuhan mendesak para korban di lapangan, kami sudah menyiapkan beberapa perbekalan dasar untuk respon. Mohon doanya untuk para korban dan tim respon Dompet Dhuafa di sini," pungkas Narwan.

Tak hanya itu, kekuatan untuk respons #LoveSulawesi juga terus mengalir. Tim relawan dan logistik dari Dompet Dhuafa Cabang Kalimantan Timur sedang mempersiapkan keberangkatan melalui jalur laut. Tim tersebut dijadwalkan menuju Palu, Sulawesi Tengah, melalui jalur laut pada pukul 16.00 WITA. (Bay/adv)
 


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID