Raihan Medali Indonesia Disebut karena Jadi Tuan Rumah, Ini Respons Jokowi - RILIS.ID
Raihan Medali Indonesia Disebut karena Jadi Tuan Rumah, Ini Respons Jokowi
Zulhamdi Yahmin
Minggu | 02/09/2018 17.40 WIB
Raihan Medali Indonesia Disebut karena Jadi Tuan Rumah, Ini Respons Jokowi
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo merespons pernyataan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Roy Suryo yang menyebut raihan medali Indonesia di Asian Games 2018 lantaran menjadi tuan rumah.

Jokowi menegaskan, dirinya tidak rela bila para atlet yang sudah bersusah-payah untuk meraih medali emas dicemooh dan disebut mendapat medali karena Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

"Saya tidak rela ada yang mencemooh prestasi saudara-saudara, dikatakan kita sebagai tuan rumah diuntungkan. Semua yang jadi tuan rumah pasti diuntungkan," tegasnya di Istana Negara Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai, prestasi yang diraih para atlet di Asian Games 2018 itu adalah murni buah dari kerja keras selama ini. Pasalnya, atlet tuan rumah di negara mana pun juga akan kalah bila tidak berprestasi dalam pesta olahraga tersebut. 

"Saya tidak rela kata-kata seperti itu karena saya tahu perjuangan saudara-saudara, saya tahu kerja kerasnya lari sana lari sini karena saya tahu prestasi saudara-saudara adalah buah dari kerja keras," ungkapnya. 

Jokowi mengatakan, tujuan kerja keras itu pun bukan semata-mata untuk mendapatkan medali, tetapi juga untuk mewujudkan sprotivitas, jiwa besar dalam berkompetisi, kedisplinan, ketekunan, kebersamaan, daya juang hingga persaudaraan.

"Saudara-saudara mempersiapkan ini bertahun-tahun, latihan, kerja keras tanpa kenal lelah, menempa diri dalam berbagai training, try out, kompetisi, dalam dan luar negeri yang selalu terus diikuti, artinya mengorbankan waktu jauh dari keluarga dan teman-teman," katanya.

Jokowi mengaku terkesan dengan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang tersebut. Bahkan, dirinya berkelakar ingin membuka kembali Asian Games dan menunggangi sepeda motor. 

"Saya ingin naik motor lagi. Saya ingin ada tambahan 31 medali emas lagi. Saya juga ingin terus melihat merah putih dikibarkan dan lagu Indonesia Raya terus dikumandangkan," ujarnya. 

Indonesia sendiri total meraih 31 medali emas, 24 medali perak dan 43 medali atau 98 medali dan menduduki peringkat ke-4 negara peraih medali di ajang Asian Games 2018.

Sumber Antara


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID