logo rilis
Penyakit Bangsa, Diawali Saling Serang Antarsesama
Kontributor

07 Maret 2018, 13:44 WIB
Penyakit Bangsa, Diawali Saling Serang Antarsesama
Wiranto. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, menyampaikan penyakit bangsa yang saat ini tengah dihadapi Indonesia. Yakni, saling serang sesama teman sendiri.  

"Indonesia sudah lama bersatu. Di sini, biasanya satu bangsa bisa bersatu kalau menghadapi musuh bersama. Kalau tidak ada lawan, biasanya yang jadi musuh, kawannya sendiri. Ini penyakit suatu bangsa," kata Woiranto dalam 'Rakornas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial' di Jakarta, Rabu (7/3/2018). 

Penyakit tersebut, menurutnya, rentan digencarkan dalam politik identitas, ujaran kebencian dan kampanye hitam. Karenanya, Wiranto mengingatkan pentingnya persatuan bangsa. 

"Ini syarat mutlak mencapai tujuan nasional," tambahnya.  

Tanpa bersatu, kata dia, tidak mungkin menciptakan masyarakat adil dan makmur. Apalagi, Indonesia memiliki ancaman baru yang disusupi dari luar. Di antaranya, porxywar, narkotika, terorisme, radikalisme yang mencekoki bangsa dengan ide-ide baru. 

"Persatuan bangsa, itu mutlak. Bangsa bersatu, sangat dibutuhkan untuk menghasilkan tujuan nasional yang dikehendaki bangsa," imbaunya. 

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID