logo rilis
Mengintip Peluang 4 Parpol Baru di Pemilu 2019 
Kontributor

19 Februari 2018, 07:22 WIB
 Mengintip Peluang 4 Parpol Baru di Pemilu 2019 
Ilustrasi: RILIS.ID/Fafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN), Jakarta, Adi Prayitno menilai, peluang partai baru masih terbuka lebar dalam memenangkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 nanti. 

Pasalnya, partai lama yang sudah mendapat jatah kursi di Senayan belum berhasil membangun kedekatan dengan pemilihnya. Peluang inilah yang dimanfaatkan partai baru untuk mendulang elektoral pada pesta demokrasi tahun depan.

"Party id angkanya cukup besar. Artinya ada ceruk pemilih yang sangat besar yang belum menentukan pilihan. Sehingga ini menjadi peluang baik bagi partai baru," ungkap Adi kepada rilis.id, Jakarta, Senin (19/2/2018).

Lebih jauh, sambung Adi, tergantung pada model partai untuk mengerek elektoral agar lolos dari batas ambang parlemen (parliament thresold) 4 persen. Angka tersebut memerlukan upaya politik yang serius. 

Ia mengatakan, partai pada umumnya masih mengandalkan ketokohan ketua umum atau figur yang diandalkan dari internal partai.

"Partai nampaknya memang masih mengandalkan ketokohan ketua umumnya untuk menarik insentif elektoral," pungkasnya.

Diketahui, dalam pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU), empat partai wajah baru muncul sebagai partai peserta Pemilu 2019, yakni Partai Berkarya, Partai Garuda, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Indonesia (PSI).

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID