Makanan Ini Paling Dihindari saat Diet, tapi Menyehatkan - RILIS.ID
Makanan Ini Paling Dihindari saat Diet, tapi Menyehatkan
Ning Triasih
Kamis | 04/10/2018 17.07 WIB
Makanan Ini Paling Dihindari saat Diet, tapi Menyehatkan
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta – Diet sehat selalu dikaitkan dengan mengonsumsi makanan rendah lemak. Namun, beberapa tahun belakangan ini, terjadi perubahan dramatis dalam ilmu diet soal makanan mana yang baik atau tidak.

Menariknya, beberapa makanan yang dianggap tinggi lemak rupanya direkomendasikan karena menyehatkan. Bahkan, para ahli mengingatkan bahwa Anda tidak bisa hidup tanpanya.

Berikut beberapa makanan yang dianggap kurang sehat untuk diet ternyata menyehatkan.

1. Alpukat

Pada generasi lalu dalam era diet rendah lemak, para ahli gizi menganggap bahwa alpukat memiliki kandungan lemak tinggi. Namun, penelitian menunjukkan, justru lemak tersebut dapat mengurangi lipoprotein densitas rendah (LDL) atau kolesterol jahat.

Alpukat juga mengandung vitamin dan mineral, termasuk potasium, kalium, magnesim, serta folat, juga kaya vitamin K, C, E, B-5 dan B-6.

"Alpukat menyimpan rasa kenyang lebih tinggi sehingga Anda tidak mudah lapar," tutur ahli diet dan direktur program pendidikan nutrisi dan dietetik University of Nevada, Las Vegas, Samantha Coogan, melansir dari ANTARA.

2. Telur

Konsumi telur dalam jumlah berlebih telah lama dikaitakan dengan kolesterol meningkat dan penyakit kardiovaskular. Tapi kini, para ahli mengakui bahwa telur punya sisi yang sehat. The American Heart Association memperbolehkan makan telur termasuk kuningnya per minggu.

3. Kentang

Ketika diet rendah karbohidrat menjadi populer, beberapa buah dan sayur justru mendapat cap buruk akibat kadar gula yang tinggi. Kini kentang justru sebagai sumber utama potasium yang memiliki dua kali mineral lebih banyak per porsi seperti pisang.
Coogan mengatakan, karbohidrat dalam kentang sangat baik untuk membangun kembali glikogen otot setelah berolahraga.

4. Nasi putih

Nasi sering dihindari kebanyakan orang terlebih saat diet. Tapi, secara alami nasi putih termasuk rendah lemak, mengandung vitamin B-6, magnesium dan beberapa protein baik. Tidak ada alasan untuk mengganti beras putih dengan beras merah, terutama saat mengisi energi setelah berolahraga.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sering dianggap camilan tak sehat karena mengandung lemak tinggi. Namun, penelitian saat ini memulihkan anggapan tersebut. Kacang-kacangan sebenarnya tergolong lemak tunggal dan tak jenuh ganda. Ini merupakan tipe lemak baik yang berserat dan berprotein.

6. Popcorn

Popcorn adalah camilan sehat yang dikemas dengan serat gandum utuh dan mengandung antioksidan, termasuk polifenol, nutrisi yang disebut dapat meningkatkan kesehatan otak.

7. Coklat hitam

Cokelat hitam tergolong camilan sehat, karena kaya akan antioksidan disebut flavonoid. Ini bagus untuk kesehatan jantung dan dapat meningkatkan fungsi kognitif. Tapi, lantaran masih tergolong makanan berkalori tinggi, konsumsilan dengan porsi kecil sekitar satu ons.


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID