Isu Reshuffle Berhembus, PDIP: Presiden Belum Ajak Ketemu Ketum Parpol - RILIS.ID
Isu Reshuffle Berhembus, PDIP: Presiden Belum Ajak Ketemu Ketum Parpol
Nailin In Saroh
Rabu | 01/07/2020 18.06 WIB
Isu Reshuffle Berhembus, PDIP: Presiden Belum Ajak Ketemu Ketum Parpol
Kabinet Indonesia Maju. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta – Isu reshuffle kabinet semakin kencang berhembus pasca beredarnya video pidato kemarahan Presiden Jokowi yang menyentil kinerja menteri. 

Menanggapi ini, Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga mengatakan, hingga kini Presiden Jokowi belum menyampaikan rencana perombakan Kabinet Indonesia Maju kepada para ketua umum partai koalisi. Menurutnya, apabila akan ada  pergantian menteri, biasanya presiden selalu memberi tahu para ketum parpol pendukung pemerintah terlebih dahulu. 

"Kalau ada seperti itu (reshuffle), pasti akan ada pemberitahuan kepada ketua umum, mengajak ketua umum bertemu. Sampai saat ini, secara resmi ataupun secara nonformal kami belum melihat itu," ujar Eriko di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (1/7/2020).

Kendati demikian, Eriko menyebut pihaknya menanggapi positif opsi reshuffle yang dilontarkan Jokowi saat sidang kabinet lalu. Wakil Ketua Komisi XI DPR RI itu pun menilai penyampaian opsi reshuffle ini merupakan cara Jokowi untuk memberi motivasi kepada para menterinya untuk bekerja lebih maksimal.

Menurut Eriko, reshuffle kabinet bukan lab sebuah hal yang salah. Perombakan kabinet, kata dia, sah dilakukan oleh Presiden Jokowi selaku kepala pemerintahan sekaligus kepala negara.

"Kalau dalam bermain sepak bola beliau memerlukan penggantian pemain atau pergantian profesional yang mengerjakan tugas-tugas, itu kan sah-sah saja," ungkapnya.

Eriko juga menilai, Presiden Jokowi memiliki karakter tersendiri dalam menyampaikan pesan yang tidak sama dengan orang. "Masing-masing pemimpin mempunyai karakternya sendiri, dan menurut kami ini hal-hal yang sangat wajar apa yang disampaikan kemarin," pungkasnya.
 


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID