logo rilis
Zulkifli: Bangsa Maju karena Pemimpinnya Benar Ngurus Negara
Kontributor
Sukma Alam
22 Mei 2018, 13:19 WIB
 Zulkifli: Bangsa Maju karena Pemimpinnya Benar Ngurus Negara
Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Manado— Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, menyatakan, kemajuan sebuah bangsa tergantung kemampuan pemimpin dalam mengelola negara. Menurutnya, negara yang maju karena pemimpinnya mengetahui masa depan dan kebutuhan masyarakatnya.

"Bangsa bisa maju atau tidak, akan tergantung yang ngurus. Kalau ngurusnya benar akan bisa maju," kata Zulkifli di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (22/5/2018).

Zulkifli mengatakan, potensi suatu bangsa atau negara berupa sumber daya alam dan sumber daya manusia adalah pengelolaan.

Contoh Singapura tidak memiliki sawah dan pertambangan tetapi bisa maju. Bisa pula dibandingkan income perkapita Korsel dengan Korut.

"Jadi tergantung bagaimana ngurusnya," katanya.

Yang terpenting, kata Zul, pendidikan dan ilmu pengetahuan dimiliki warganya. Selain itu nilai-nilai yang berlaku di masyarakat. Tidak kalah penting dalam kemajuan bangsa adalah keberanian termasuk berani ambil inisiatif.

Di sisi lain, kemajuan sebuah bangsa dan negara adalah identitas kebangsaan. "Kalau identitas kebangsaan kita tidak diketahui, alamat bangsa kehilangan identitas," katanya.

Sumber: ANTARA


komentar (0)