logo rilis
Zeyna Agribun 01 dan 02, Varietas Kayumanis Ceylon Unggulan Balittro
Kontributor
Elvi R
18 Oktober 2019, 18:12 WIB
Zeyna Agribun 01 dan 02, Varietas Kayumanis Ceylon Unggulan Balittro
Pohoh Ceylon. FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta— Pada Sidang Pelepasan Varietas Tanaman Perkebunan yang berlangsung di Solo, 16-18 Oktober 2019, dua varietas Kayumanis Ceylon yang diusulkan Balittro lulus dan disetujui dilepas sebagai varietas unggul yang diberi nama Zeyna Agribun 01 dan  Zeyna Agribun 02. Keduanya merupakan varietas Kayumanis Ceylon pertama yang dilepas.  Apa itu kayumanis Ceylon dan apa bedanya dengan kayumanis yang selama ini kita kenal?

Ada dua jenis kayumanis yang dikenal di pasar dunia. yaitu kayumanis Ceylon dan kayumanis Cassia. Kayumanis yang banyak dikenal di Indonesia adalah kayumanis Cassia atau cassiavera dimana Indonesia adalah produsen nomor 1 di dunia.

 Jenis lain adalah kayumanis Ceylon yang berasal dari Sri Lanka dan kemudian menyebar di beberapa negara termasuk Indonesia yang merupakan negara pemasok kayumanis Ceylon nomor dua di dunia setelah Sri Lanka.

Kayumanis Casia memiliki aroma yang lebih tajam sehingga banyak digunakan untuk obat, bumbu masak atau diambil minyak artisirinya. Sementara, kayumanis Ceylon memiliki profil aroma yang lebih lembut dan tidak terdeteksi mengandung kumarin, yaitu senyawa tanaman yang memiliki sifat antikoagulan, karsinogenik, dan hepatotoksik yang kuat. Dengan demikian, kayumanis Ceylon cocok dimanfaatkan sebagai flavor pada makanan dan minuman, bahan pewangi parfum dan digunakan sebagai obat antara lain sebagai antioksidan, anti-inflamasi, antimikroba, mengatasi diabetes mellitus, hipertensi dan menurunkan kolesterol.

Pengembangan budidaya Kayumanis Ceylon sangat potensial, mengingat tanaman ini cocok tumbuh di lahan dataran rendah sampai menengah. Ini berbeda dengan kayumanis Casia yang lebih cocok di dataran tinggi. Dengan adanya varietas kayumanis Ceylon Zeyna Agribun 01 dan Zeyna Agribun 02 maka petani akan punya banyak pilihan bila ingin mengembangkan kayumanis di dataran rendah.  Selain itu keunggulan lain dari kayumanis Ceylon adalah harganya yang jauh lebih mahal dibandingkan kayumanis Casia karena kualitasnya yang lebih tinggi.

Zeyna Agribun 01, dilepas sebagai varietas unggul berproduksi dan mutu tinggi dengan protensi produksi kulit kering 3,51 kg/pohon (setara 3,12 ton/ha, populasi 890 pohon), Sinnamaldehid kulit (62,57  persen), Kadar minyak atsiri kulit 0,84 persen, Kadar minyak atsiri daun 0,83 persen, Kadar eugenol daun 91,59 persen, untuk penanaman di dataran rendah sampai menengah, beriklim basah. Sedangkan Zeyna Agribun 02, dilepas sebagai varietas unggul berproduksi dan mutu tinggi dengan potensi produksi daun segar (18,05 kg/pohon, setara dengan 16.064,50 ton per hektare, populasi 890 pohon/ha), Kandungan eugenol daun tinggi (91,28%), Kadar minyak atsiri daun 0,66 persen, Produksi kulit kering 2,30 kilogram per pohon (setara dengan 2,04 ton per hektare, populasi 890 pohon per hektare. Sinnamaldehid kulit (48,73 persen), untuk penanaman di dataran rendah sampai menengah, beriklim basah.  Zeyna Agribun 01 cocok untuk diambil kulit batangnya sementara Zeyna Agribun 02 cocok diambil daunnya sebagai sumber bahan baku minyak atsiri.

Sumber: Balitbangtan




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID