logo rilis
Yudi Latif Mundur, MPR: Bentuk Sportivitas
Kontributor
Zul Sikumbang
08 Juni 2018, 21:52 WIB
Yudi Latif Mundur, MPR: Bentuk Sportivitas
Yudi Latif. ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Muzani, menyatakan, mundurnya Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudi Latif merupakan tradisi baru yang harus dilestarikan.

"Meksipun apa yang dilakukan, apa yang disangkakan oleh publik selama ini, itu, kan, masih debatable," ujarnya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Dia menyatakan demikian, lantaran langkah penulis Negara Paripurna tersebut sportif. "Ini harus dilanggengkan, sebagai cara kita menanggapi respons-respons publik selama ini," jelasnya. 

"Tapi sekali lagi, apa yang dilakukan oleh Yudi, adalah bagian dari pertanggungjawaban kepada publik atas apa yang selama ini menjadi perbincangan," imbuh Muzani.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra itu menambahkan, keberadaan BPIP bagian lain yang ditangani MPR selama ini. Bedanya, jangkauan MPR lebih banyak kepada masyarakat.

Sedangkan BPIP, menangani bidang-bidang, lembaga pemerintah. "MPR itu dengan anggota DPR-nya itu, melakukan sosialisasi empat pilar. Selama ini, kan, sudah cukup bagus di masyarakat," katanya.

Karenanya, Muzani mendorong adanya evaluasi pembagian wilayah kerja antara MPR dan BPIP. "Sebagai sebuah lembaga yang menangani ideologi negara, saya kira ini, kan, salah satu keluhannya adalah ini, kan, ideologi negara tidak ada lembaga yang mengurusinya. Dan BPIP, sebenarnya yang mengurusi, yang bertanggung jawab membina," tandasnya.

Editor: Fatah H Sidik


komentar (0)