logo rilis
Yang Bakal Dihadapi Cawapres Prabowo
Kontributor
Afid Baroroh
28 Maret 2018, 22:38 WIB
Yang Bakal Dihadapi Cawapres Prabowo
Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto bakal berhadapan dengan kelas menengah yang berpotensi irasional. Demikian, pendapat peneliti politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Wasisto Raharjo Jati.  

"Saat ini sebenarnya kondisi Indonesia berpotensi menjadi masyarakat yang irasional. Cawapres idaman Prabowo, tentu perlu paham melihat kondisi itu dengan jernih dan 'matang'," ujarnya kepada rilis.id di Jakarta, Rabu (28/3/2018). 

Dia berpandangan demikian, lantaran masyarakat belakangan ini cenderung mudah dihasut dan "termakan isu", tanpa mengecek kebenarannya dulu. "Tak jarang masyarakat sengaja dibenturkan dengan desas-desus dan segala bentuk informasi konspiratif," jelasnya.

Alhasil, tambah Wasisto, pandangan masyarakat terpecah, antara yang percaya, acuh tak acuh, dan tak percaya terhadap figur politik. Daya kritisnya tak sebanding dengan lemahnya literasi.

Padahal, menurut dia, kelas menengah sepantasnya menjadi agen perubahan dan "penyambung aspirasi akar rumput" ke level atas. 

"Karena, mereka adalah kelas terdidik dan berpenghasilan mapan. Tapi, sayangnya itu belum terjadi di Indonesia, karena kelas menengah kita adalah kelas materialis, yang menghendaki kondisi atau perubahan yang menguntungkan mereka," urai Wasisto.

Sayangnya, ucapnya, partai politik cenderung membiarkan irasionalitas tersebut. "Ini mugkin bentuk praktik 'cuci tangan' parpol, agar tidak terlihat bermain culas dalam menghimpun suara massa," pungkasnya.

Editor: Fatah H Sidik


500
komentar (0)