logo rilis
Wujudkan Swasembada Bawang Putih di 2021, Begini Cara Balitbangtan
Kontributor
Intan Nirmala Sari
10 April 2018, 08:00 WIB
Wujudkan Swasembada Bawang Putih di 2021, Begini Cara Balitbangtan
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan swasembada bawang putih pada 2021 mendatang. Salah satu strategi yang diterapkan Kementan untuk mencapai target tersebut adalah, dengan memperbanyak luas tanam bawang putih di daerah-daerah yang cocok untuk produksi bawang putih, yaitu di dataran tinggi yang beriklim dingin. 

Selain itu, Balitbangtan juga memproduksi benih bawang putih di berbagai provinsi,  salah satunya di Jawa Timur (Jatim), yakni di Kabupaten Malang dan Batu seluas 15 hektare yang tersebar di tiga kecamatan yaitu Bumiaji, Pujon dan Ngajun. Lokasi tersebut dinilai strategis dalam pengembangan benih bawang putih.

Bawang putih ditanam pada November 2017 dan Januari 2018. Untuk menyiasati efek tingginya curah hujan, maka bawang putih yang ditanam adalah varietas Lumbu Hijau dan Lumbu Putih. Dengan karakteristik daunnya yang tegak, varietas Lumbu Putih diyakini dapat bertahan di musim hujan, sehingga tidak banyak yang tergenang di daun. 

Pada kondisi iklim yang kurang mendukung, terbukti bahwa panen sebelumnya di Tuwel, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Jateng), produktivitas varietas Lumbu Putih masih mencapai sekitar 10 ton/hektare.

Produksi benih bawang putih di dua provinsi tersebut, dilaksanakan dengan menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017. 

Panen perdana di Jatim, rencanannya akan dilaksanakan sampai akhir Mei mendatang, dengan target dalam produksi benih ini  75 ton umbi siap tanam. 

Sumber: Fauzi Haidar/Humas Balitbangtan


500
komentar (0)