logo rilis
Wujudkan Poros Maritim Dunia, Ini Saran Unhan untuk Bakamla
Kontributor
Fatah H Sidik
05 April 2018, 21:32 WIB
Wujudkan Poros Maritim Dunia, Ini Saran Unhan untuk Bakamla
Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Universitas Pertahanan, Laksda TNI Amarulla Octavian. FOTO: Dok. pribadi

RILIS.ID, Jakarta— Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Universitas Pertahanan, Laksda TNI Amarulla Octavian, menilai, Badan Keamanan Laut (Bakamla) bisa menjadikan Indonesia poros maritim dunia. Caranya, didukung kemampuan operasional perairan dan udara di Zona Ekonomi Eksekutif (ZEE).

"Bahkan, di landas kontinen untuk menjamin keamanan dan keselamatan di laut," ujarnya sela seminar nasional "Keamanan dan Keselamatan Laut dalam mewujudkan Poros Maritim Dunia" di Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Dengan begitu, Amarulla berkeyakinan, Bakamla tak sekadar menjadikan Indonesia poros maritim dunia. Tapi, "meningkatkan peran Bakamla sebagai coast guard yang handal di antara sesama coast guard negara-negara Anggota ASEAN."

Diskusi yang digelar Koalisi Bersama Rakyat (Kibar) itu turut menghadirkan sejumlah narasumber. Di antaranya, Kepala Bakamla Laksdya TNI Ari Sudewo, Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Agus Purnomo, Kepala Badan Riset dan SDM KKP M Zulfikar Mochtar, serta Irjen Kemendes PDTT Ansar Husen.

Acara ditutup Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto. Di hadapan sekira 200 peserta, pendiri Partai Hanura ini menyampaikan beberapa capaian program-program maritim pemerintahan Joko Widodo.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)