logo rilis
Wujudkan Kesejahteraan, PKS: Negara Harus Berpihak ke Buruh
Kontributor
Sukma Alam
02 Mei 2019, 11:33 WIB
Wujudkan Kesejahteraan, PKS: Negara Harus Berpihak ke Buruh
ILUSTRASI: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menegaskan bahwa peringatan Hari Buruh jangan hanya dijadikan seremonial tahunan, namun harus menjadi penanda bahwa negara dan pemerintah punya hutang dan tanggung jawab untuk mensejahterakan buruh dan pekerja.

"Negara semestinya punya keberpihakan yang kuat atas kesejahteraan kaum buruh dan pekerja, baik buruh di dalam negeri maupun buruh migran," kata Jazuli, Kamis (2/5/2019).

Dia menilai mewujudkan kesejahteraan buruh merupakan mandat konstitusional salah satu tujuan bernegara yaitu memajukan kesejahteraan umum.

Jazuli menjelaskan yang bisa dilakukan pemerintah seperti peluang kerja, pemerintah harus mengutamakan tenaga kerja dalam negeri daripada tenaga kerja asing di tengah tingginya tingkat pengangguran masyarakat.

Kedua menurut dia, pemerintah harus memperkuat perlindungan buruh khususnya buruh migran kita di luar negeri dan harus sejalan dengan tertib administrasi dan peningkatan keterampilan.

"Kita tidak ingin terus menurus mengirim pekerja sektor rumah tangga, tapi harus meningkat pada sektor keahlian tertentu," ujarnya.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID