logo rilis
Wow! TKA China Dominasi Pekerja di Surabaya
Kontributor
Budi Prasetyo
02 Mei 2018, 08:48 WIB
Wow! TKA China Dominasi Pekerja di Surabaya
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Surabaya— Sebanyak 6.594 Tenaga Kerja Asing (TKA) bekerja di Jawa Timur pada 2018. Dari jumlah itu, yang paling besar adalah TKA asal China disusul Jepang dan Korea.

"Memang betul China paling tinggi jumlahnya 1.684 orang dibawahnya Jepang dan dibawahnya lagi Korea karena memang investasi China, Jepang dan AS di Jawa Timur tinggi," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakretrans) Jawa Timur Setiajit pada Rabu (2/5/2018).

Dia mengatakan, tidak ada tenaga kerja kasar yang bekerja di Jawa Timur adalah pekerja kasar. Menurut dia, izin TKA yang dikeluarkan itu sesuai dengan kesepakatan dari WTO dan MEA. 

"Bahwa izin tenaga kerja asing itu dasarnya Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) dasarnya dari MEA dan WTO," tandasnya.

Dijelaskannya, Pemprov Jawa Timur juga menerapkan kebijakan, TKA yang bekerja lebih dari tiga tahun harus bisa berbahasa Indonesia.

"Itu syaratnya dari pak Gubernur dan syarat perpanjangan adalah mereka bisa berbahasa Indonesia," pungkasnya.

Setiajit menjelaskan, TKA di Jawa Timur tersebar di 17 Kabupaten/kota. Mereka bekerja sesuai dengan arah investasi yang dilakukan oleh negara asal.

"Tersebar di 17 Kabupaten dan kota kebanyakan di ring satu. Surabaya, Gresik, Pasuruan dan Mojokerto. Jadi mereka mengikuti investasi dan manajer keuangan, Direktur keuangan. Misalnya friwncise pabrik sepatu gitu, maka quality control harus dari Amerika," pungkasnya. 

Editor: Elvi R


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)