logo rilis

Wow! NASA Temukan Planet Layak Huni Mirip Bumi
Kontributor
Tari Oktaviani
14 Januari 2020, 12:30 WIB
Wow! NASA Temukan Planet Layak Huni Mirip Bumi
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— NASA baru baru ini enemukan planet baru seukuran Bumi yang layak dihuni manusia. Temuan ini diumumkan pada pertemuan ke-235 American Astronomical Society di Honolulu, Senin (6/1) waktu setempat. 

Planet yang dinamai TOI 700 d tersebut bagian dari multiplanet yang terletak di sekitar TOI 700. Menurut NASA, planet ini juga mengorbit bintang sekitar 100 tahun cahaya dari bumi.

Planet ini diyakini dapat dihuni karena berada pada jarak yang tepat untuk mendukung ketersediaan air di permukaan di zona layak huni bintang. Saat ini NASA tengah mencermati potensi lingkungan pada planet itu untuk menyelidiki lebih lanjut layak tidaknya untuk dihuni.

"TESS dirancang dan diluncurkan secara khusus untuk menemukan planet seukuran Bumi yang mengorbit bintang di dekatnya," kata Paul Hertz, Direktur Divisi Astrofisika di Markas NASA seperti dikutip dari CNN.

Ia juga mengatakan bahwa planet ini tengah diteliti atmosfer dan kondisi permukaanya. 

"Selain itu, dalam 11 bulan data kami tidak melihat suar dari bintang, yang meningkatkan kemungkinan TOI 700 d dapat dihuni dan membuatnya lebih mudah untuk mencontoh kondisi atmosfer dan permukaannya," sambungnya.

Di masa depan, satelit misi seperti James Webb Space Telescope milik NASA yang diluncurkan pada 2021 dapat menentukan bahwa planet-planet memiliki atmosfer dan komposisi tersebut.

Sumber: CNN Indonesia




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID