Wow! Malam Ini Akan Ada Hujan Meteor - RILIS.ID
Wow! Malam Ini Akan Ada Hujan Meteor
Tari Oktaviani
Jumat | 13/12/2019 13.26 WIB
Wow! Malam Ini Akan Ada Hujan Meteor
Istimewa

RILIS.ID, Jakarta – Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasiona (LAPAN) Rorom Priyatikanto menyampaikan, bahwa malam ini akan ada hujan meteor Geminid. Menurutnya, walau kemungkinan tak terlihat jelas karena berpotensi mendung dan bulan purnama, tetapi setidaknya samar akan terlihat pada jam 16.00 WIB sampai jam 06.00 WIB. 

"Hujan meteor Geminid memiliki nama itu karena terlihat memancar dari arah rasi Gemini yang memang tampak paling jelas hari ini, dia terbit dari jam enam sore sampai jam enam pagi," ujar Rorom pada Jumat (13/12/2019).

Ia mengatakan, hujan meteor Geminid diperkirakan intensitasnya cukup tinggi dengan 60 meteor melintas per jam malam ini namun melintas bersamaan dengan bulan purnama. Sehingga akan terlihat melintas 20 meteor per jam. 

Hujan meteor geminid dibarengi dengan bulan purnama, kata Rorom, membuat langit menjadi lebih terang. Namun kondisi cuaca yang mendung memang membuat meteor tak tampak jelaa terlihat.

"Jangan berharap sering melihat hujan meteor yang tampak dan pengamatan hujan meteor itu memang harus sabar," ujar dia.

Ia juga menyampaikan puncak hujan meteor yang bisa dilihat dengan jelas diperkirakan terjadi pada tengah malam ini hingga lewat tengah malam.

Hujan meteor diperkirakan akan terjadi di arah rasi Gemini yang pada pukul 18.00 sampai 21.00 akan berada di arah timur, jika tengah malam rasi itu akan berada tepat di atas sementara dan lewat pukul 00.00 akan bergerak ke sebelah barat.

Sumber Antara


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID