logo rilis
Wow! 17 Negara Berkembang Pelajari Sistem Dana Desa
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
11 Mei 2018, 18:01 WIB
Wow! 17 Negara Berkembang Pelajari Sistem Dana Desa
Mendes Eko Putro Sandjojo. FOTO: Istimewa.

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, menyebutkan sedikitnya 17 negara berkembang yang berasal dari negara-negara asia pasifik telah membentuk tim yang dikirim ke Indonesia untuk mengamati dan mempelajari program dana desa.

"Dan, produk unggulan kawasan pedesaan (Prukades) karena dinilai dapat mengurangi angka kemiskinan," kata Eko, belum lama ini.

Menteri Eko menyampaikan bahwa program dana desa adalah yang pertama di dunia dan memiliki pendekatan berbeda dari negara-negara berkembang, dana desa yang dikucurkan dari pemerintah pusat bukan hanya untuk mengelola administrasi pemerintahan saja.

"Pemerintah pusat memberikan dana yang cukup besar kepada desa bukan hanya untuk mengelola administrasi pemerintahannya saja. Tapi juga untuk mengelola keuangan dan pemberdayaan ekonomi di desa," katanya.

Untuk model prukades, Mendes PDTT menyampaikan bahwa model prukades ini pemerintah pusat mengarahkan agar desa dapat membentuk suatu kluster ekonomi nantinya akan melibatkan semua pemangku kepentingan di desa yakni masyarakat, Pemerintah pusat, daerah, dunia usaha, dan perbankan.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)