logo rilis
Waspadalah! Kurus Mendadak Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini
Kontributor
Ning Triasih
29 Maret 2018, 23:18 WIB
Waspadalah! Kurus Mendadak Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Berat badan Anda tiba-tiba turun drastis? Bagi yang memang ingin kurus, jangan senang dulu. Pasalnya, penurunan berat badan secara tiba-tiba bisa jadi pertanda buruk bagi kesehatan.

Normalnya, penurunan berat badan itu perlahan. Ini merupakan proses alami yang menunjukkan jika Anda bisa memperoleh berat badan ideal dengan cara yang sehat.

Namun, jika 'tak ada angin tak ada hujan' tiba-tiba berat badan Anda turun secara mendadak, bisa jadi ada yang tidak beres. Itu bisa saja merupakan gejala dari penyakit tertentu.

Dihimpun rilis.id dari berbagai sumber, berikut beberapa penyakit yang berhubungan dengan penurunan berat badan mendadak:

1. Depresi

Ketika seseorang dilanda depresei, umumnya mereka akan kehilangan selera makan. Jika sudah begitu, berat badan otomatis akan menurun.

2. Diabetes

Penurunan berat badan adalah tanda awal dari penyakit diabetes. Pasalnya, tubuh tidak akan memakai glukosa yang diperoleh dari makanan itu sendiri, sehingga menggunakan nutrisi pada otot. Inilah penyebab penurunan berat badan tiba-tiba.

3. Tiroid

Kasus penurunan berat badan juga terkait dengan gejala dari hipertiroid. Hipertiroidisme akan menyebabkan sekresi tetraiodothyronine (T4) dan triiodothyronine (T3) lebih tinggi. Kedua hormon inilah yang berkontribusi dalam penggunaan energi. Kelebihan produksi hormon itulah yang menyebabkan penurunan berat badan berlebihan.

4. Tuberculosis

Tanda tuberculosis yang paling umum atau yang biasa dikenal sebagai TBC adalah hilangnya nafsu makan. Ini menyebabkan penurunan berat badan mendadak.

5. Kanker

Penurunan berat badan juga salah satu gejala kanker. Umumnya, kanker menyebabkan sindrom susutnya bobot tubuh yang disebut cancer cachexia. Ini ditandai dengan peradangan sistemik, keseimbangan protein, energi yang buruk dan turunnya massa lemak tubuh.

6. Addison

Addison atau biasa disebut kekurangan adrenal terjadi saat tubuh tak cukup memproduksi kartisol. Nah, seseorang yang kadar kartisolnya terlalu rendah, umumnya akan merasa sakit. Addison menunjukkan gejala berat badan turun drastis, mual, pusing dan lebih gampang infeksi.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)