logo rilis
Waspadalah! Jenis Makanan Ini Sebaiknya Jangan Masuk Microwave
Kontributor
Ning Triasih
01 Februari 2019, 20:05 WIB
Waspadalah! Jenis Makanan Ini Sebaiknya Jangan Masuk Microwave
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Microwave pada dasarnya alat yang praktis untuk memasak atau memanaskan makanan. Namun, Anda harus tahu bahwa tak semua makanan bisa dimasak menggunakan alat ini.

Seperti dilansir dari INSIDER, demi kesehatan dan keselamatan, berikut beberapa jenis makanan yang tak boleh diolah atau masuk dalam microwave.

1. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak seperti ayam, akan mengering dalam microwave dan menjadi hampir tak bisa dimakan. Jadi, alih-alih memasak dalam microwave, olahlah menggunakan wajan biasa di atas kompor.

2. Seafood

Makanan laut seperti udang dan kerang bisa menjadi amat kenyal seperti balon jika Anda memasaknya dalam microwave. Jdi, lebih baik Anda tak mencobanya.

Roti dan pizza

Jangan memanaskan roti atau pizza dengan microwave. Pasalnya, gelombang mikro dapat merusak tekstur makanan itu sendiri, sehingga pizza akan kehilangan kekenyalannya.

Daging beku

Mencairkan daging beku dalam microwave juga tak boleh dilakukan. Panas dalam alat ini dapat mempercepat pertumbuhan bakteri dan menyebabkan kerusakan jika Anda tidak memasaknya dengan cepat.

Telur mentah

Telur mentah tak boleh dimasak dalam microwave. Menempatkan telur mentah dalam microwave kemungkinan akan menghasilkan kekacauan besar, karena suhu tinggi dapat menyebabkan ledakan. Rasa telur yang dimasak dalam microwave juga tidak akan pernah mencapai kualitas dan konsistensi menggunakan wajan.

Steak

Membuat steak dengan microwave bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan. Gelombang mikro cenderung memanaskan tidak merata, bakteri yang hidup di permukaan daging akan berkembang dan merusak hidangan.

Sayuran mentah

Memasak sayuran mentah dalam microwave adalah ide buruk. Hal ini bisa menimbulkan percikan api.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID