logo rilis

Waspadalah! Inilah Tanda Bisu dari Tumor Otak
Kontributor
Ning Triasih
19 Juli 2018, 14:50 WIB
Waspadalah! Inilah Tanda Bisu dari Tumor Otak
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Tumor otak menjadi salah satu jenis penyakit yang cukup mematikan. Meski terbilang langka, penyakit ini bisa saja datang tanpa disadari.

Pasalnya, gejala tumor otak sering menyamar sebagai penyakit ringan sehari-hari. Melansir dari The Times of India, inilah tanda-tanda bisu dan tersembunyi dari tumor otak:

Sering sakit kepala

Salah satu gejala umum tumor otak adalah sering menderita sakit kepala. Anda mungkin mengandalkan obat-obatan tertentu untuk mengatasinya. Tapi jika sakit kepala terus-menerus muncul,  itu adalah pertanda buruk untuk otak Anda. Untuk mengetahui alasan tepatnya, konsultasikan dengan dokter.

Kualitas penglihatan berkurang

Gejala lain dari tumor otak yakni terganggunya penglihatan atau terjadi pengurangan kualitas penglihatan dalam skala besar. Penglihatan Anda tidak jelas, bahkan mungkin ada saat-saat di mana Anda kehilangan penglihatan. Jika ini terjadi, segera periksakan diri.

Lemas sepanjang waktu

Saat tumor mulai tumbuh, Anda mungkin merasa lemah dan lesu sepanjang waktu. Pasalnya, saat pertumbuhan tumor, otak akan tertekan berlebih dan dapat mempengaruhi pola tidur Anda. Jika pola tidur terganggu, bisa membuat Anda merasa mengantuk dan lesu sepanjang waktu.

Kejang

Kejang adalah gejala paling umum dari tumor otak. The Brain Tumor Charity menyebutkan, beberapa orang yang mengalami kejang mendadak, wajib segera memeriksakan diri ke dokter.

Kehilangan keseimbangan

Ketika otak terjangkit tumor, itu berdampak pada fungsi motorik Anda. Akibatnya, seseorang akan kesulitan berjalan, kehilangan keseimbangan atau cenderung condong ke satu sisi. Pasalnya, otak tidak bisa lagi membantu dalam koordinasi dan penyeimbang.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)