logo rilis

Waspada! Terlihat Bersih, Empat Benda di Rumah Ini Sarangnya Kuman
Kontributor
Ning Triasih
08 Januari 2019, 20:05 WIB
Waspada! Terlihat Bersih, Empat Benda di Rumah Ini Sarangnya Kuman
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Rumah yang kotor dan tak terawat memang jadi sarangnya kuman. Namun, terlihat bersih juga belum menjamin rumah itu benar-benar terbebas dari kuman dan bakteri, jika tak rutin dibersihkan.

Keberadaan kuman di rumah memang tak dapat dihindari. Seperti dilansir dari Alodokter, ada empat benda dalam rumah yang jadi sarang kuman dan bakteri. Apa saja?

Sakelar lampu dan gagang pintu

Saklar lampu dan pegangan pintu adalah benda yang paling sering disentuh. Bahkan, setiap hari Anda bersentuhan langsung dengan dua benda tersebut. Meski terlihat bersih, sebenarnya dua benda ini menjadi sarang bakteri dan kuman. Untuk menjaga kebersihannya, lap menggunakan tisu disinfektan satu kali seminggu.

Bak cuci piring

Di area dapur, bak cuci piring beserta peralatan lainnya seperti lap atau spons juga menjadi sarang kuman terbanyak. Anda harus rutin membersihkannya. Caranya, setiap kali selesai memasak, bersihkan peralatan memasak dari sisa-sisa makanan kemudian rendam bak cuci piring dengan air dan sabun, atau cairan antibakteri yang ditambahkan zat pemutih (bleaching agent). Biarkan beberapa saat, lalu bersihkan dengan air.

Bak mandi

Tidak semua kuman bisa lenyap dan terbawa hingga saluran pembuangan bak mandi. Bisa saja mengendap di tempat tertentu, terutama di permukaan yang lembap. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan pembersih disinfektan pada lantai kamar mandi dan seluruh permukaan bak mandi atau di sekitar pancuran air. Lalu, bilas dengan air dan keringkan menggunakan lap kain. Lakukan tiap seminggu sekali.

Mesin cuci

Mesin cuci juga sarangnya kuman dan bakteri. Untuk itu, jangan sampai Anda membiarkan cucian terlalu lama di mesin cuci karena bisa membuat kuman berkembang biak. Segera pindahkan baju yang sudah dicuci ke tempat pengering. Setelah digunakan, jangan lupa membersihkan tabung mesin cuci menggunakan produk disinfektan. Demikian juga dengan permukaan meja atau lemari yang digunakan untuk menaruh baju bersih.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)