logo rilis
Waspada Siklon Ferdinand, Ini Daftar Wilayah yang Bakal Terdampak
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
28 Februari 2020, 17:00 WIB
Waspada Siklon Ferdinand, Ini Daftar Wilayah yang Bakal Terdampak
Ilustrasi badai. FOTO: Tempo

RILIS.ID, Jakarta— Siklon tropis Ferdinand berpotensi menyebabkan gelombang laut dengan ketinggian hingga empat meter yang berpeluang terjadi di beberapa perairan Indonesia.

Humas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Taufan Maulana, mengatakan, siklon Ferdinand di Samudra Hindia selatan Jawa Timur berdampak pada ketinggian gelombang di Samudra Hindia Selatan Jawa Timur hingga Bali.

"Potensi gelombang tinggi hingga Sabtu (29/2)," kata Taufan di Jakarta, Jumat (28/2/2020). 

Sirkulasi udara terdapat di Samudra pasifik Utara Biak dan Perairan Barat Aceh.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian Utara umumnya dari Timur Laut-Timur sedangkan di wilayah Selatan dari Barat-Utara.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Utara Sabang, Laut Natuna Utara, Perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, Perairan Letti-Kepulauan Tanimbar, Laut Arafuru bagian Barat dan Tengah.

"Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut," ujar dia.

Perairan yang berpotensi terjadi gelombang setinggi 2,5 hingga 4 meter seperti Samudera Hindia Selatan Jawa Hingga Bali, Perairan Kepulauan Sangihe-Talaud, Laut Sulawesi Bagian Timur, Perairan Kepulauan Sitaro, Perairan Halmahera-Morotai, Laut Halmahera dan Samudra Pasifik Utara Halmahera.

Potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran.

BMKG mengimbau masyarakat yang tinggal atau beraktivitas di pesisir terutama nelayan maupun kapal besar untuk mewaspadai kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut tersebut.

Sumber: Antara




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID