logo rilis
Waspada Pencurian Rumah Kosong saat Ibadah Ramadan
Kontributor
Kurniati
24 Mei 2018, 15:56 WIB
Waspada Pencurian Rumah Kosong saat Ibadah Ramadan
Ilustrasi. FOTO: Instagram

RILIS.ID, Banjarmasin— Kapolda Kalimantan Selatan, Brigjen Pol Rachmat Mulyana, mengingatkan masyarakat agar selalu mewaspadai aksi pencurian di rumah kosong atau tidak penghuninya.

"Bulan puasa ini terkadang rumah kosong ditinggal tarawih ke masjid, saya minta masyarakat lebih waspada terhadap aksi pencurian dan sebagainya," terang Rachmat Mulyana, di Banjarmasin, Kamis (24/5/2018).

Menurut Kapolda, momen Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri, sering kali aksi kejahatan cenderung meningkat seiring tuntutan kebutuhan ekonomi yang tinggi.

"Curanmor juga patut diwaspadai, jadi jangan parkir sembarangan tempat dan kalau bisa gunakan kunci pengaman ganda," ujarnya.

Sementara itu Kapolda juga mengingatkan, memasuki libur panjang sekolah dan cuti bersama Lebaran yang diiringi tradisi mudik ke kampung halaman, warga diminta agar melapor kepada Ketua RT atau Polsek setempat, jika meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Dengan begitu, kata dia, petugas bisa mengetahui mana saja wilayah perumahan yang banyak kosong ditinggal mudik, sehingga bisa meningkatkan patroli.

Rachmat mengaku menginstruksikan seluruh jajaran, agar bisa memberikan pelayanan khusus dengan menyediakan kantor polisi sebagai tempat penitipan kendaraan bermotor bagi warga yang merasa rumahnya kurang aman jika ditinggal.

"Yang tak kalah pentingnya, pastikan semua peralatan listrik di rumah dimatikan dan selang regulator kompor gas juga dilepas agar mencegah bahaya kebakaran yang kerap terjadi di rumah kosong tanpa penghuni," pungkas jenderal polisi bintang satu itu. 

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)