logo rilis
Waspada Melon Impor Australia, Mengandung Bakteri Mematikan
Kontributor
Ning Triasih
09 Maret 2018, 18:01 WIB
Waspada Melon Impor Australia, Mengandung Bakteri Mematikan
Rock Melon (Cantaloupe). FOTO: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Anda salah satu penggemar melon impor Australia, rock melon (melon batu) bernama cantaloupe? Sebaiknya setop dulu makan buah ini.

Pasalnya rock melon Australia diketahui mengandung bakteri listeria monocytogenes. Empat orang Australia meninggal lantaran terkontaminasi bakteri ini.

Karena hal ini, Pemerintah Australia secara resmi memperingatkan warganya agar tak lagi menyantap rock melon yang dihasilkan lahan pertanian News South Wales.

Kementerian Pertanian pun telah menutup sementara impor melon berwarna oranye ini, sebagai perlindungan terhadap masyarakat Indonesia.

Lalu apa bahayanya bakteri listeria monocytogenes?

Bakteri ini diklasifikasikan sebagai bakteri gram-positif yang bergerak menggunakan flagella. Penelitian menunjukkan, satu sampai sepuluh persen manusia mungkin memiliki bakteri listeria monocytogenes dalam ususnya.

Bahaya listeria monocytogenes bisa menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Kendati demikian, orang sehat juga bukan tak mungkin bisa terserang bakteri ini. Gejalanya, seseorang akan mengalami demam, pusing, sakit kepala parah, mual, pegal, sakit perut dan diare.

Bahkan, listeria monocytogenes disebut-sebut sebagai salah satu penyebab penyakit serius dengan tingkat kematian  sekitar 20-30 persen.

Karena itu, untuk jaga-jaga jangan dulu mengonsumsi melon impor ini sebelum dinyatakan aman.


500
komentar (0)