logo rilis

Waspada! Lima Benda Umum di Rumah Ini Diam-diam Membahayakan
Kontributor
Ning Triasih
30 Mei 2018, 16:50 WIB
Waspada! Lima Benda Umum di Rumah Ini Diam-diam Membahayakan
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Rumah adalah satu tempat yang umumnya dianggap paling aman dan bersih. Setiap orang tentunya akan menjaga dan merawat rumahnya agar tetap bersih dan terbebas dari kotoran. Rumah harus menjadi tempat paling higienis. 

Namun faktanya, meski telah melakukan berbagai tindakan keamanan dan kebersihan rumah, nyatanya ada beberapa hal umum di dalam rumah yang diam-diam membahayakan kesehatan.

Seperti dilansir dari The Times of India, inilah benda-benada yang umumnya digunakan sehari-hari  tanpa disadari berbahaya bagi kesehatan. Apa saja?

Tanaman dalam rumah

Ada tanaman yang sebut-sebut bisa membersihkan lingkungan. Itulah mengapa banyak orang menanamnay di dalam rumah. Tapi, bagi yang memiliki anak kecil dan hewan peliharaan, ada beberapa tanaman yang justru membahayakan. 

Menurut para ahli, beberapa tanaman seperti daffodil, ivy dan iris, mengandung bahan kimia beracun untuk melindungi diri dari bahaya luar seperti serangga. Oleh karena itu, jika Anda menanamnya di dalam rumah, jauhkan dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan Anda.

Botol minum plastik

Botol air berbahan plastik sangat umum dalam rumah tangga. Ada banyak jenis botol plastik yang mengandung Bisphenol A, atau BPA. BPA dapat mengganggu hormon tertentu dalam tubuh, seperti kadar estrogen. Untuk menghindari situasi ini, Anda harus memilih botol yang bebas BPA, BPS atau BP.

Kotak makanan berbahan plastik

Kotak makanan terutama yang berbahan plastik rupanya juga membahayakan kesehatan. Pasalnya, ada bahan kimia bernama Phthalates yang ditambahkan ke plastik agar fleksibel. Bahan kimia bisa 
mengganggu hormon dan memepengaruhi perkembangan janin bahka berdampak pada kualitas sperma.

Karpet

Siapa sangka, karpet yang selama ini dianggap sebagai tempat paling nyaman untuk bersantai rupanya mengancam kesehatan Anda. Khususnya karpet anti-noda. Meskipun mungkin terlihat indah, tapi ini bukanlah ide yang bagus. Pasalnya, karpet ini mengandung bahan kimia yang disebut PFA. Celakanya, bahan ini akan mengendap di tubuh dan bisa menyebar ke bayi saat menyusui. Jika ingin lebih aman, carilah karpet berbahan alami seperti wol.

Kotak Pizza

Pizza umumnya ditempatkan pada wadah kotak berbahan kardus. Ini mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, dampaknya bisa menyebabkan cacat lahir dan kanker.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)