logo rilis

Waspada! Ini Tiga Gangguan Fisik Pertanda Kolesterol Anda Tinggi
Kontributor
Ning Triasih
04 Juli 2018, 15:42 WIB
Waspada! Ini Tiga Gangguan Fisik Pertanda Kolesterol Anda Tinggi
ILUSTRASI: Healthline

RILIS.ID, Jakarta— Hidup sehat terbebas dari kolesterol tinggi tentu menjadi cita-cita setiap orang. Pasalnya, kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko dari berbagai penyakit serius.

Kolesterol tinggi atau disebut hiperkolesterolemia adalah kondisi di mana tingakat kolesterol dalam darah melampaui batas normal. Akibatnya, ini bisa membatasi aliran darah, meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. 

Kolesterol sendiri adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi di hati, serta selebihnya diperoleh dari makanan.

Untuk mengetahui kadar kolesterol, biasanya melalui tes darah. Namun, ada sejumlah kondisi kesehatan yang bisa menjadi tanda bahwa kolesterol Anda tinggi. Apa saja? 

Sering Kesemutan

Kesemutan sebenarnya bukan masalah yang cukup serius. Bahkan, hal ini terbilang wajar. Namun, jika kesemutan terjadi terlalu sering di lokasi yang sama dalam tubuh, bisa jadi itu adalah pertanda jika kolesterol Anda tinggi. Pasalnya, kesemutan terjadi akibat aliran darah menjadi kental hingga terjebak di satu titik dan sulit disebarkan.

Sakit Kepaka Belakang

Rasa sakit kepala belakang tanpa alasan yang jelas juga bisa menjadi indikasi kolesterol tinggi. Sebab, penyumbatan pembuluh darah yang terhubung dari leher tengah terganggu, sehingga kepala bagian belakang sering sakit. Segera periksakan diri Anda. Jika dibiarkan, ini bisa memicu stroke mendadak.

Kerap Pegal di Tangan dan Kaki

Ketika pembuluh darah terganggu, maka sistem jaringan serta otot pun akan terancam. Penumpukan lemak pada sel darah akan membuat tubuh jadi lebih mudah pegal dan merasa lelah. Misalnya, jika tangan dan kaki Anda sering merasa pegal meski minim aktivitas fisik, itu bisa menandakan bahwa kadar koleserol Anda sedang meningkat. Segera periksakan ke pihak medis sebelum terjadi kemungkinan yang lebih buruk.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)