logo rilis

Warga Tangsel Rela Antre Bikin E-KTP Sejak Jam 2 Pagi
Kontributor
Doni Marhendro TN
02 Maret 2019, 21:30 WIB
Warga Tangsel Rela Antre Bikin E-KTP Sejak Jam 2 Pagi
Warga Tangsel rela mengantre e-KTP sejak Sabtu (2/3/2019) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. FOTO: RILIS.ID/Doni Marhendro

RILIS.ID, Tangerang Selatan— Ratusan warga Tangerang Selatan (Tangsel) rela mengantre lebih awal untuk mengurus pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat.

Bahkan sejumlah warga terpaksa mengantre sejak Sabtu (2/3/2019) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Hal ini dilakukan demi mendapatkan nomor urut antrean proses pengajuan pembuatan e-KTP.

Seperti dilakukan oleh Hernawati (29), warga Pamulang. Meski tampak lelah dan kesal, ia mengaku harus datang lebih awal untuk menghindari antrean panjang.

“Saya tadi datang dari jam 2 pagi. Iya, untuk urus KTP," katanya saat ditemui Rilis.id di kantor Disdukcapil Tangsel, Sabtu (2/3/2019).

Kadisdukcapil Tangsel Dedi Budiawan membenarkan adanya antrean warga yang terjadi sejak dini hari.

“Mau di-gimana-in lagi, warga yang mau, dari jam 3 sudah datang. Mereka datang saat bersamaan, karena mereka tahu jika siang dikit habis (kuota pembuatan e-KTP)," katanya.

Sementara Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Tangsel Heru Sudarmanto mengatakan tidak ada tambahan kuota antrean pengurusan e-KTP.

"Mereka datang dari jam tiga, mereka inisiatif sendiri, tetap kita terima yang datang jam 3. Kuotanya nggak ditambah kendala di waktu dan alat juga," bebernya.

Pihaknya khawatir jika alat percetakan dipaksakan untuk di luar batas kuota akan menimbulkan kerusakan fatal.

"Jika alat kita pakasakan, panas. Malah nggak bisa nyetak untuk berikutnya, kita siap dalam proses kerja, tapi kendala alat juga kendala waktu. Dengan kuota 500 saja kita selesaikan jam 5. Kalau kita tambah bisa selesai jam 10 malam, kasihan juga," ujarnya. (*)

Editor: Segan Simanjuntak




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID