logo rilis
Warga London Protes 70 Tahun Pendudukan Zionis di Palestina
Kontributor
Syahrain F.
12 Mei 2018, 21:22 WIB
Warga London Protes 70 Tahun Pendudukan Zionis di Palestina
Ratusan orang berunjuk rasa di depan kedutaan Israel di London untuk memprotes 70 tahun penjajahn Zionis. Credit: Anadolu Agency/Ahmet Gürhan Kartal

RILIS.ID, London— Ratusan orang berunjuk rasa di depan kedutaan Israel di London untuk memprotes 70 tahun penjajahan di Palestina--sebuah acara yang disebut orang Arab sebagai "The Nakba" atau "The Catastrophe".

Melansir Anadolu Agency, sambil memegang bendera dan spanduk Palestina, para pengunjuk rasa meneriakkan slogan “Bebaskan Palestina”, “Kebebasan Sekarang” dan “Akhiri pendudukan”.

Beberapa spanduk yang dibuat oleh demonstran juga berbunyi "Berdiri untuk Gaza, Hentikan Membunuh" dan "Nakba70, Kami Kembali".

Sejumlah kecil pengunjuk rasa pro-Israeli yang membawa bendera Israel juga mengadakan protes balasan di dekat kedutaan yang terletak di Kensington Selatan.

Imigrasi Yahudi ke Palestina meningkat selama periode kekuasaan Inggris, yang berlangsung dari 1922 hingga 14 Mei 1948.

Pada akhirnya, sekitar 700 ribu orang Palestina meninggalkan rumah mereka--atau dipaksa diusir oleh serangan pasukan Yahudi--sementara ratusan desa dan kota Palestina dihancurkan rata dengan tanah.

Sejak saat itu diaspora di Palestina menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

Hingga hari ini, para pengungsi Palestina tetap tersebar di seluruh Yordania, Lebanon, Suriah dan negara-negara lain.

Sementara banyak juga yang menetap di kamp-kamp pengungsi di Tepi Barat Palestina dan Jalur Gaza.

Ketegangan telah meningkat di perbatasan timur Jalur Gaza dengan Israel sejak 30 Maret ketika Palestina mulai menuntut hak atas tanah kelahiran mereka yang didapatkan sejak 1948. 

Sejak demonstrasi dimulai sekitar enam pekan lalu, setidaknya 48 demonstran Palestina telah menjadi martir dan ratusan lainnya--mungkin ribuan--terluka.

The Nakba dikabarkan akan diprotes dengan berbagai kegiatan yang akan berlangsung di Tepi Barat, Jalur Gaza dan di desa-desa Arab di Israel--termasuk seminar, pawai dan protes, menurut penyelenggara dari Komite Nasional untuk Peringatan Nakbah.

Pada 15 Mei nanti penyelenggara juga menyebut akan menjadi hari "konfrontasi" dengan tentara Israel "di semua daerah perbatasan." 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)