logo rilis
Wapres Apresiasi Perjuangan Rakyat Palestina Melawan Penjajahan
Kontributor
Syahrain F.
15 Mei 2018, 17:34 WIB
Wapres Apresiasi Perjuangan Rakyat Palestina Melawan Penjajahan
Wapres RI Jusuf Kalla didampingi Menlu Retno Marsudi yang mengenakan syal Palestina memberi keterangan pers soal keputusan sepihak Presiden AS Donald Trump soal status Yerusalem sebagai ibu kota Israel, di Tangerang, 7 Desember 2017. FOTO: RILIS.ID/Syahrain F.

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi langkah perjuangan rakyat Palestina dalam menentang pendudukan Zionis di tanah Palestina.

“Kita hargai perjuangan mereka. Dan kita juga turut prihatin dengan jatuhnya banyak korban. Itu risiko dari perjuangan,” ungkap Kalla usai menggelar rapat terbatas di Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Melansir Anadolu Agency, dia juga menyampaikan rasa duka cita atas gugurnya lebih dari 50 korban jiwa dan ribuan korban luka dari rakyat Palestina yang menggelar aksi protes atas pembukaan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Yerusalem, kemarin (14/5).

Pembukaan Kedubes AS di Yerusalem itu digelar bersamaan dengan tanggal diresmikannya penjajahan Zionis atas tanah Palestina, yakni pada 14 Mei 1948.

Rakyat Palestina memperingatinya sebagai hari Nakba atau malapetaka,

Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga telah menyampaikan kecaman dan menyebut langkah tersebut melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB serta mengancam proses perdamaian.

“Pemindahan kedutaan besar tersebut memiliki efek formal dan yuridis bahwa AS mengakui Yerusalem menjadi ibu kota Israel. Padahal, kota itu masih terbelah,” ungkap JK.

Wapres juga menyebut, Israel merupakan negara yang sangat keras dan tidak peduli terhadap perdamaian karena tidak menjalankan resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)