logo rilis

Wanita Tani 'Zaman Now' Yakin Stok Pangan Akan Aman
Kontributor
Elvi R
09 Mei 2018, 17:11 WIB
Wanita Tani 'Zaman Now' Yakin Stok Pangan Akan Aman
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Bogor— Tak hanya pelajar atau mahasiswa tetapi kelompok petani juga tertarik berkunjung ke Badan Litbang Pertanian di Balai Besar Litbang Sumber Daya Genetik Pertanian. Sebanyak 15 orang dari kelompok wanita tani Sindangsari berkesempatan untuk belajar juga melihat langsung teknologi pertanian.

Dengan antusias seluruh anggota kelompok wanita tani Sindangsari menyimak pemaparan singkat dan sambutan dari peneliti Balai Besar Litbang Sumber Daya Genetik Pertanian, Dr. Nurul Hidayatun. Selesai sambutan dan pemaparan singkat oleh Dr. Nurul Hidayatun, seluruh anggota kelompok wanita tani Sindangsari juga diperkenalkan dengan Kultur Jaringan oleh Ir. Nurwita Dewi, M.Si.

Kultur jaringan merupakan suatu teknologi pertanian yang bertujuan untuk memperbanyak tanaman secara cepat dan seragam, mendapatkan tanaman yang bebas virus, menciptakan varietas baru, mempertahankan sifat asli tanaman,  produksi metabolit sekunder dan membantu regenerasi tanaman hasil transformasi.

Tidak hanya mengenal kultur jaringan, anggota kemlompok wanita tani, Sindangsari juga berkesempatan untuk melihat langsung Bank Gen Balitbangtan.

Nurlaela, salah satu anggota kelompok wanita tani Sindangsari mengaku sangat bangga dan senang karena pertama kali melihat bank gen secara langsung. “Saya yakin stok pangan di Indonesia akan terus aman jika memiliki fasilitas pertanian yang canggih seperti bank gen,” katanya.
Tak sampai disitu kelompok wanita tani Sindangsari juga diajak untuk melihat petak pamer ubi di kawasan Balai Besar Litbang Sumber Daya Genetik Pertanian.

“Dengan mengetahui jenis-jenis kacang, ubi, dan jagung kami juga bisa memilih bahan yang tepat untuk inovasi olahan makanan non terigu yang dikembangkan oleh kelompok wanita tani saat ini.” Jelas Nurlaela.

Selain untuk menambah wawasan para petani, kunjungan kali ini juga sebagai salah satu bentuk dukungan untuk mewujudkan petani yang sejahtera.

Sumber: Nurul Ulfah/Ir Mastur, MSi PhD/Balitbangtan


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)