logo rilis

Wanita Butuh Banyak Tidur ketimbang Pria, Ini Alasannya
Kontributor
Ning Triasih
17 April 2018, 22:07 WIB
Wanita Butuh Banyak Tidur ketimbang Pria, Ini Alasannya
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Pria dan wanita punya kebutuhan fisik yang berbeda, termasuk dalam hal tidur. Rupanya. wanita memerlukan waktu tidur lebih banyak dari pria. Benarkah?

Ya, hal itu terungkap dalam penelitian yang dilakukan Seep Research Center di Loughborough University, Inggris. Hasilnya menyatakan, wanita membutuhkan tidur lebih banyak daripada pria.

Menurut National Sleep Foundation, Women and Sleep Poll, rata-rata wanita berusia antara 30-60 tahun tidur selama 6 jam lebih 45 menit selama hari kerja. Lalu apa mereka butuh tidur lebih banyak ketimbang pria? Berikut alasannya seperti dilansir dari The Times of India:

Perubahan hormon

Perubahan hormonal wanita tidak hanya terbatas pada pubertas, tetapi hal-hal lain seperti siklus menstruasi, kehamilan dan menopause. Nah, karena perubahan hormon ini, wanita  membutuhkan waktu beristirahat lebih banyak.

Multitasking

Wanita itu multitasking, bisa melakukan lebih dari satu pekerjaan. Mengurus kebutuhan rumah, bekerja di kantor, hingga mengasuh anak. Semua itu membutuhkan tenaga ekstra dan lebih banyak aktivitas otak. Berbeda dengan pria, yang umumnya fokus pada satu tugas dalam satu waktu. Jadi, agar otak kembali segar, wanita perlu tidur lebih banyak daripada pria.

Kurang tidur bisa menaikkan berat badan

Perlu diketahui, perempuan dengan berat badan berlebih, dalam banyak kasus diakibatkan kurang tidur. Kurang tidur menyebabkan pelepasan hormon stres, kortisol, yang membuat wanita rentan dilanda kecemasan. Lebih banyak kortisol berarti lebih banyak nafsu makan, yang secara otomatis berdampak pada berat badan. Jadi, itulah pentingnya cukup tidur bagi wanita.

Otak wanita dirancang berbeda

Otak wanita dirancang berbeda dari pria. Koneksi di otak wanita dioptimalkan untuk pemikiran emosional dan analitis. Wanita cenderung melakukan banyak tugas dan ini mengarah ke aktivitas yang lebih tinggi di otak mereka. Karenanya, mereka membutuhkan waktu lebih saat tidur.

Lebih banyak aliran darah

Aliran darah pada otak wanita lebih banyak di korteks prefrontal. Ini berfungsi mempertahankan fokus, mengendalikan impuls dan mempertahankan bagian emosional otak yang menangani suasana hati dan kecemasan. Itulah sebabnya mengapa wanita sering dianggap lebih berempati dan intuitif ketimbang pria. Namun, hal ini juga meningkatkan risiko dari depresi dan kecemasan mengembangkan masalah seperti depresi dan kecemasan. Itulah mengapa mereka perlu waktu lebih untuk tidur.

Tambahan waktu tidur wanita sebenarnya tak perlu terlalu lama, setidaknya minimal 20 menit sudah dapat mengembalikan kebahagiaan mereka.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)