logo rilis
Wakaf Mendukung Capaian SDGs
Kontributor
Ainul Ghurri
09 Desember 2017, 03:18 WIB
Wakaf Mendukung Capaian SDGs
FOTO: lwpnu.or.id

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Badan Wakaf Indonesia (BWI), Fahruroji, menilai, wakaf bisa mendukung capaian tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/SDGs). Misalnya, mengurangi kemiskinan dan menyejahterakan masyarakat, menyediakan fasilitas umum, serta meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan.

"Dalam rangka mendukung Program SDGs, maka wakaf harus dikelola secara produktif, agar harta wakaf berdaya guna dan bermanfaat," ujarnya dalam siaran pers yang diterima rilis.id di Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Karenanya, beberapa nazhir wakaf yang terdaftar di BWI melaksanakan pengelolaan wakaf secara produktif. Sebagian keuntungannya, disalurkan kepada masyarakat sesuai satu dari 17 tujuan SDGs. 

Sementara itu, Wakil Direktur United Nation Development Program (UNDP), Francine Pickup, menyatakan, hal sama. Pengurangan kemiskinan melalui program SDGs bisa dicapai melalui sektor keuangan sosial Islam, zakat dan wakaf. 

"Tanah wakaf di Indonesia besarnya tiga kali luas negara Singapura. Ada pula dana wakaf yang terus meningkat. Ini bisa kita gunakan untuk pembiayaan yang memberi dampak sosial SDGs," jelasnya.

Hal tersebut mendorong UNDP bersinergi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jambi. Bahkan, berencana bekerja sama dengan instansi lain dalam rangka menyukseskan wakaf demi capaian SDGs. "UNDP akan berkoordinasi lebih intens dengan instansi terkait, seperti BWI, BI, OJK, Bappenas, dan KNKS," janjinya.


#Badan Wakaf Indonesia
#Wakaf
#Sustainable Development Goals
#UNDP
500
komentar (0)