logo rilis
Wah! Ada Cacing Pita dalam Ikan Kaleng Kemasan
Kontributor
Kurniati
21 Maret 2018, 16:34 WIB
Wah! Ada Cacing Pita dalam Ikan Kaleng Kemasan
Ilustrasi cacing pita di dalam ikan kaleng kemasan. FOTO: Instagram/@ makassar_iinfo

RILIS.ID, Batam— Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, membentuk tim untuk menyelidiki produksi ikan kaleng kemasan oleh perusahaan di kota itu, yang terdeteksi mengandung cacing pita oleh Badan Pengawasanan Obat dan Makanan.

"Saya minta tim melakukan investigasi, pendalaman terhadap produksi yang bersangkutan terindikasi ada cacingnya," kata Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad di Batam, Rabu (21/3/2018).

Hasil dari investigasi itu, kata Amkasar, akan dilanjutkan dengan BPOM dan Dinas Kesehatan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan kepada manusia yang mengonsumsinya. 

"Prinsipnya, kalau benar, izin akan ditinjau ulang," jelasnya.

Sebenarnya, kata Amkasar, BPOM telah melakukan pengawasan secara rutin terhadap produksi makanan dengan mengambil contoh dari yang diedarkan.

Hingga saat ini, belum diketahui, merek ikan kaleng dalam kemasan yang mengandung cacing pita yang beredar di Batam. 

Hanya saja, ikan kaleng kemasan itu ditemukan telah beredar Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Lingga mengimbau pedagang menghentikan sementara penjualan ikan sarden kalengan merek "Mackerel Farmerjack", setelah ditemukan cacing pita yang terdapat dalam produk tersebut.

"Untuk sementara kami hentikan sebelum uji laboratorium dari BPOM keluar menyatakan bahwa produk tersebut tidak berbahaya," kata Kepala Dinas Kesehatan P2KB dr Syamsurizal.
 

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)