logo rilis
Waduh! Sultra Hibahkan Hutan Lindung untuk Dibangun Lapas Khusus
Kontributor
Fatah H Sidik
18 April 2018, 23:22 WIB
Waduh! Sultra Hibahkan Hutan Lindung untuk Dibangun Lapas Khusus
Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Medan, Sumatera Utara, 21 Agustus 2017. FOTO: sumut.kemenkumham.go.id

RILIS.ID, Kendari— Lahan untuk pembangunan lembaga pemasyarakatan (lapas) khusus wanita dan anak di Nanga-Nanga, Kecamatan Baruga, Kendari, Sulawesi Tenggara, berada di hutan lindung. Demikian diakui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra.

"Saat dicek pihak kehutanan, ternyata masuk dalam kawasan hutan lindung," ujar Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Provinsi Sultra, La Ode Ali Akbar, di Kendari, Rabu (18/4/2018). Lahan itu milik Pemprov Sultra dan sudah dihibahkan ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sultra.

Hasil sama terjadi kala berkoordinasi dengan pihak pertahanan. Karenanya, Pemprov Sultra akan mencari lahan pengganti. "Karena titik lokasi yang kami sediakan masuk dalam kawasan (hutan lindung)," jelasnya.

Pemprov Sultra, kata Ali Akbar, memiliki lahan sekitar 700 hektare di kawasan Nanga-Nanga Baruga. Namun, tak semuanya berada di kawasan hutan lindung.

"Kami tetap akan siapkan lahan seluas lima hektare yang dibutuhkan untuk pembangunan lapas khusus wanita dan anak tersebut," tuntasnya.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)