logo rilis
Waduh, Stres Bisa Menular?
Kontributor
Ning Triasih
18 Mei 2018, 16:22 WIB
Waduh, Stres Bisa Menular?
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Siapa yang mau terserang stres. Semua orang pasti sangat menghindarinya. Namun, masalah kejiwaan ini bisa muncul kapan saja dalam kondisi tertentu. Menakutkan, bukan?

Lebih mengagetkannya lagi, stres digadang-gadang bisa menular lho! Bagaimana bisa?

Menurut sebuah penelitian dalam Journal Social Science and Medicine seperti dilansir dari laman Psychology Today, dikatakan bahwa stres bisa menular dari orang lain.

Dalam penelitian ini, para peneliti mencoba mengungkap hubungan stres yang dialami guru sekolah dan pengaruhnya pada para siswa, begitu juga sebaliknya.

Hasilnya menunjukkan, siswa tertular stres dari sang guru akibat mengalami kelelahan sehingga memicu peningkatan kadar kortisol (hormon stres) dalam tubuh para siswa.

Penelitian terkait stres menular makin diperkuat dengan penelitian yang dimuat dalam jurnal Nature Neuroscience, yakni dengan uji coba sepasang tikus yang salah satunya mengalami stres.

Dijelaskan, saat tikus yang satu mengalami stres dan disatukan dengan tikus lain yang tidak stres, rupanya ada perpindahan sinyal stres kimia dari hewan satu ke yang lainnya. Hal inilah yang kemudian memengaruhi individu lainnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)