logo rilis
Wacana Pulangkan Anak Eks ISIS, Demokrat: Urus Saja Anak Terlantar, Masih Banyak!
Kontributor
Nailin In Saroh
17 Februari 2020, 14:30 WIB
Wacana Pulangkan Anak Eks ISIS, Demokrat: Urus Saja Anak Terlantar, Masih Banyak!
Ilustrasi ISIS. ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi S.

RILIS.ID, Jakarta— Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan untuk tidak memulangkan sekitar 689 Warga Negara Indonesia (WNI) eks anggota/simpatisan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) ke Indonesia. Namun, Pemerintah membuka peluang untuk memulangkan anak-anak dan perempuan WNI eks ISIS yang sama sekali tak tersangkut aksi terorisme. 

Menanggapi itu, Kadiv Advokasi DPP Demokrat Ferdinand Hutahaean menegaskan pemerintah tidak perlu lagi merespon masalah tersebut. Terlebih menurutnya, mereka yang memilih untuk meninggalkan Indonesia dan bergabung dengan kelompok ekstrimis ISIS.

“Tidak perlu cermat, cukup tidak usah diurus, biarkan saja. Toh itu dunia yang mereka kejar dan inginkan,” ujar Ferdinand Hutahaean, Senin (17/2).

Menurutnya, pemerintah lebih baik fokus memperhatikan nasib anak-anak terlantar yang masih banyak di negeri ini. Sebab, tegas Ferdinand, eks ISIS tersebut kini statusnya bukan lagi WNI.

“Masih banyak anak-anak terlantar di negeri ini yang setia pada NKRI dan Pancasila yang lebih layak diurus negara. Mereka itu bukan lagi WNI tapi EKS WNI,” tegasnya.  

Sebeleumnya, Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komisaris Jenderal Agus Andrianto pun menyatakan, pihaknya akan menindak tegas WNI eks ISIS yang berusaha kembali ke Indonesia jika benar-benar tiba di tanah air.

"Pokoknya kalau dia (WNI eks ISIS) ada di Indonesia, maka akan dilakukan tindakan," kata Agus Andrianto seperti dikutip dari Antara, Sabtu (15/2). 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID