logo rilis
Virus Corona Bisa Mengendap di Benda Mati Selama Sembilan Hari?
Kontributor
Tari Oktaviani
26 Februari 2020, 13:59 WIB
Virus Corona Bisa Mengendap di Benda Mati Selama Sembilan Hari?
Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Virus corona COVID-19 ternyata bisa menempel di benda mati hingga sembilan hari. Bahkan virus tersebut bisa bertahan dan menular ke orang jika bersentuhan dengan benda mati tersebut. 

Hal ini diungkapkan oleh beberapa ilmuwan di dunia. Mereka melakukan penelitian yang mirip perlakuannya terhadap virus corona SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle East Respiratory Syndome).

"Saya akan merujuk pada data dari virus corona SARS, yang paling mirip dengan novel corona virus (Covid-19) [...] SARS bisa bertahan di benda mati kurang dari lima menit hingga sembilan hari," jelas Dr. Charles Chiu, profesor penyakit menular dari Universitas California, San Francisco, seperti dilansir CNN

Satu-satunya cara untuk menghilangkan virus di benda mati yakni dengan menyemprotkan cairan desinfektan. Hal ini bahkan sudah dilakukan bank central Cina dengan melakukan pembersihan intensif (deep cleaning) dan menghancurkan uang-uang yang beredar di China. Sebab, uang adalah benda yang paling sering berpindah tangan.

Kendati begitu, penularan yang paling cepat tentu masih berasal dari kontak dari manusia ke manusia berupa batuk atau bersin.

"Sangat mungkin orang tertular virus corona ketika menyentuh permukaan yang sudah terkontaminasi, lalu menyentuh mulut, hidung, atau mungkin mata mereka," kutip badan kesehatan AS (Centers for Disease Control and Prevention/ CDC).

Sumber: CNN Indonesia




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID