Home » Tren

Viral! Santri Sarungan di Tengah Keramaian Kota Jerman

print this page Selasa, 17/10/2017 | 18:06

Santri Indonesia pakai sarung dan peci di tengah kota Jerman. FOTO: Istimewa.

RILIS.ID, Jakarta— Jalan-jalan pake sarung dan peci di tengah kota di Indonesia sudah biasa. Namun akan berbeda jika hal ini dilakukan di jalanan Jerman.

Tapi, bersarung di tengah keramaian kota Jerman ini dilakukan pria Indonesia bernama Muhammad Abdullah Syukri. Fotonya berbusana ala santri itu pun langsung jadi viral.

Krisis identitas, disebut-sebut sebagai alasan mengapa pria yang merupakan seorang mahasiswa Pasca Sarjana Ilmu Politik University of Duisberg-Essen Jerman ini nekat jalan-jalan pakai sarung.

Menurut penuturan Abe (sapaan akrab Muhammad Abdul Syukri), krisis identitas merupakan sesuatu yang memprihatinkan bagi pemuda Indonesia. Terlebih saat mereka tengah mengenyam pendidikan di negeri seberang.

"Saya sadar bukan satu-satunga orang NU (Nahdlatul Ulama) yang kuliah di Barat. Tapi cukup bertanya-tanya juga ketika banyak santri yang jadi kebarat-baratan di sini. Padahal orang-orang sana (Jerman) bangga dengan identitasnya. Jangankan santri dengan Islam Nusantara aja mereka (penduduk Jerman) nggak tau," ucap Abe.

Dalam foto yang sempat menghebohkan media sosial itu, dengan gagah percaya diri ia memakai kemeja batik coklat bercorak mega mendung, bersarung dan lengkap dengan peci hitam ala santri.

Dengan penuh percaya diri, ia berjalan di tengah kota Jerman, di mana di sekelilingnya banyak penduduk sana lalu-lalang.

Meski tak ada respons yang berarti atau jadi pusat perhatian oleh warga Jerman, namun ada respons besar dari masyarakat Indonesia.

Aksi pria 26 tahun yang terbiasa hidup di lingkungan Pondok Buntet Cirebon itu akhirnya menginspirasi para santri di seluruh dunia.

Setelah menjadi viral, aksi Abe ini berdampak pada santri yang mengenyam pendidikan di luar negeri. Baru-baru ini mereka berlomba-lomba mengenakan sarung di pusat kota tempat mereka belajar.

Penulis Ning Triasih

Tags:

Muhammad Abdullah SyukriAbeSantriSarunganJermanViral

loading...