logo rilis
Viral! 'Kidung' dan 'Sari Konde', Apakah itu?
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
04 April 2018, 00:02 WIB
Viral! 'Kidung' dan 'Sari Konde', Apakah itu?
ILUSTRASI: RILIS.ID/AM Ikhbal.

RILIS.ID, Jakarta— Mendadak saja, percakapan warganet soal Kidung dan Sari Konde menjadi topik hangat di media sosial. Apalagi kalau bukan karena puisi "Ibu Indonesia" yang dibacakan Sukmawati Soekarnoputri. Memang, apa sih itu?

Kidung sendiri, kalau menurut KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) punya arti nyanyian, lagu (syair yang dinyanyikan), atau puisi. Sedangkan, konde adalah alat penguat sanggul, agar dapat melekat di kepala dan juga sebagai penghias kepala.

Nah, dalam puisinya, Sukmawati menyebutkan bahwa suara kidung Ibu Indonesia, sangatlah elok. Lebih merdu dari alunan azanmu. Dan, sari konde sangatlah indah. Lebih cantik dari cadar dirimu. Topiknya, Azan vs kidung dan cadar vs sari konde.

Motivator Indonesia, Ippho Santosa, dalam akun twitternya @ipphoright mengatakan, sampai kapanpun azan tak bisa digantikan dengan pembacaan puisi atau kidung.

"Semerdu apapun," tulis Ippho.

Tapi, enggak mau kalah, ternyata Sukmawati dalam acara TVone pagi tadi membantahnya. Kalau menurut dia, ini soal seni suara. Artinya, orang azan tak selalu suaranya merdu.

"Itu suatu kenyataan. Ini kan seni suara ya. Dan kebetulan yang menempel di kuping saya adalah alunan ibu-ibu bersenandung, itu kok merdu," ujarnya.

Kalau soal sari konde, benar nih lebih cantik daripada cadar? Akun @Al_Fatih1453 pun membuktikannya lewat postingan foto di twitter.


500
komentar (0)