logo rilis

Viral Aplikasi Cek NIK KTP, Kemendagri Klaim Tak Resmi
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
31 Mei 2018, 22:36 WIB
Viral Aplikasi Cek NIK KTP, Kemendagri Klaim Tak Resmi
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arief Fakhrulloh, bersama Kapuspen Kemendagri, Arief M Eddie. FOTO: Dok Kemendagri.

RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengklaim munculnya aplikasi "Cek NIK KTP" (Nomor Induk Kependudukan) bukan fasilitas resmi pemerintah.

"Terkait viral munculnya aplikasi cek nik perlu saya luruskan bahwa aplikasi itu bukan dari Kemendagri," kata Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arief Fakhrulloh, dalam pesan singkatnya, Kamis (31/5/2018).

Adapun data yang diambil dalam aplikasi tersebut, kata Zudan, tak didapat dari Dukcapil Kemendagri. Meski, ia benarkan, sekilas datanya memang mirip sesuai basis data Kemendagri.

"Dalam aplikasi tersebut kalau dilihat datanya memang benar, karena yang dipalsukan adalah fotonya," ujar dia.

Aplikasi tersebut, ujarnya, tidak mampu membaca pemalsuan foto. Sedangkan, pusat data Kemendagri dapat dengan mudah mendeteksi pemalsuan foto.

"KTP el yang ada foto orang berkepala gundul tersebut adalah palsu," tutupnya.

Sebelumnya, ia juga mengatakan, pengecekan NIK tersebut bisa dilihat hanya melalui website. Aplikasi di telepon pintar (smartphone) bernama Cek KTP, kata dia bukanlah aplikasi resmi pemerintah sehingga datanya tak valid.

“Kalau mau cek KTP, hanya bisa di website. Sejauh ini, Kemendagri memang belum menyediakan aplikasi untuk telepon pintar, karena keamanan data harus terjamin,” kata Zudan.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)