logo rilis
Verifikasi Faktual Parpol, Yusril Siap Bantu KPU
Kontributor
Armidis Fahmi
15 Januari 2018, 22:18 WIB
Verifikasi Faktual Parpol, Yusril Siap Bantu KPU
Pakar Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra.FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Pakar Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra siap membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait putusan Mahkamah Konstitusi yang mengharuskan verifikasi faktual partai politik (Parpol).

"KPU dalam posisi yang cukup sulit menghadapi putusan MK tersebut," katanya di kantor KPU, jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2018).

Kondisi yang sulit tersebut, kata Yusril, yaitu KPU telah beberapa kali menjalankan putusan MK di tengah proses sedang berjalan, sehingga, tidak ada pilihan bagi KPU untuk tidak menjalani putusan itu meskipun ada sebagian pendapat yang mengatakan putusan tersebut bisa saja dilakukan pada Pemilu 2024.

"Jadi kalau sekarang KPU tidak melaksanakan sama sekali (putusan MK) dengan alasan tidak bisa berlaku surut, itu memang agak berat bagi KPU. Kami memahami hal itu," kata Yusril. 

Sebelumnya, MK mengabulkan uji materi Pasal 173 ayat (1) dan (3) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu). Konsekuensinya, KPU harus melakukan verifikasi faktual bagi seluruh Parpol peserta Pemilu.

Namun demikian, imbuh Yusril, yang terpenting adalah bagaimana melakukan putusan MK dengan tidak melanggar. Selain itu, juga memudahkan bagi partai politik.

"Jadi saya katakan kalau KPU nanti akan melaksanakan putusan MK, tinggal bagaimana pelaksanaannya," pungkasnya.


#Yusril Ihza Mahendra
#Verifikasi Parpol
#Verifikasi Faktual
#KPU
#Pemilu 2019
#Pilpres 2019
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)