logo rilis
Varietas Unggul Phalaenopsis, Anggrek Unik Eksotis Balitbangtan
Kontributor
Elvi R
19 Oktober 2020, 12:00 WIB
Varietas Unggul Phalaenopsis, Anggrek Unik Eksotis Balitbangtan
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta— Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) terus berpatisipasi aktif dalam membangun usaha tani anggrek phalaenopsis di tanah air. Salah satunya melalui penyediaan varietas unggul yang disesuaikan dengan keinginan konsumen saat ini.

Upaya yang dilakukan antara lain dengan menerapkan program pemuliaan secara berkesinambungan untuk menjamin ketersediaan varietas unggul baru anggrek phalaenopsis yang memiliki tipe, warna dan bentuk bunga yang unik serta eksotik.

Beberapa varietas unggul anggrek phalaenopsis yang dihasilkan Balitbangtan melalui Unit Pelaksana Teknis Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) diperkenalkan secara masif agar masyarakat khususnya pelaku usaha tani anggrek dapat lebih mengenal dan bersedia mengadopsi varietas tersebut.

Peneliti Balithi Dedeh Siti Badriah dalam wawancaranya, Jumat (9/10/20), mengatakan dari hasil pemuliaan yang telah dilakukannya bersama tim dihasilkan beberapa varietas unggul anggrek phalaenopsis. Anggrek dimaksud diberi nama Ayu Pujiastuti, Ayu Lestari, Ayu Larasati, Ayu Pratiwi, Ayu Respati dan Ayu Suciati.

Tujuan pemberian nama tersebut untuk memudahkan masyarakat mengenal produk inovasi dalam negeri yakni Balitbangtan. “Varietas-varietas ini merupakan hasil persilangan antara Dtps. Taisuco Jewel “M-5” x Dtps. Taisuco Jewel “M-3” dengan Dtps. Leopard Prince,” ujar Dedeh.

Dedeh menambahkan, keunggulan yang dimiliki varietas hasil silangan ini diantaranya memiliki bentuk bunga bulat dengan jumlah kuntum banyak, serta susunan bunga berderet teratur pada tangkai bunga. Selain itu warna bunga dengan corak garis dan bintik yang tertata rapi dan seimbang serta tipe multiflora menjadikan varietas-varietas ini terlihat menawan dan layak dijadikan produk unggulan.

Kepala Balitbangtan Dr. Fadjry Djufry saat lawatannya ke Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa potensi anggrek yang dikembangkan di dalam negeri perlu terus dimaksimalkan dalam skala komersial.

“Hal (pemaksimalan dalam skala komersil) itu agar hasil penelitian Balitbangtan bukan saja untuk memperkaya dan menambah keanekaragaman hayati anggrek di Indonesia, tetapi juga akan memberi keunggulan komparatif tersendiri atas komoditas anggrek indonesia yang bernilai ekonomis,” ujarnya.

Fadjry menambahkan sampai saat ini Balitbangtan terus berupaya meningkatkan inovasi seperti penyediaan varietas-varietas unggul demi meningkatkan kesejahteraan petani.

Kepala Balithi Dr. Rudy Soehendi dalam keterangannya menyampaikan bahwa perkembangan pemuliaan anggrek khususnya Phalaenopsis di Indonesia sudah pesat. Namun, terdapat kendala terutama dalam penyediaan benih yang seragam karena keterbatasan teknologi dan anggapan bahwa dengan adanya teknologi perbanyakan benih bisa menurunkan harga jual di tingkat petani.

Sumber: Balitbangtan


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID