logo rilis
Vakum Dua Tahun, Jakarnaval Kembali Bawa Semangat Asian Games
Kontributor

04 Juli 2018, 15:54 WIB
Vakum Dua Tahun, Jakarnaval Kembali Bawa Semangat Asian Games
FOTO: Instagram/@dinkesdki

RILIS.ID, Jakarta— Setelah vakum dua tahun terakhir, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyelenggarakan Jakarnaval untuk meramaikan puncak Hari Ulang Tahun ke-491 Jakarta pada Minggu (8/7/2018).

"Jakarnaval 2018 ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya kita berisikan pawai budaya dan kesenian daerah dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia, pada tahun ini kita khusus membawa semangat Asian Games dan Asian Para Games," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Tinia Budiati, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Tahun ini, katanya, tonggak sejarah baru bagi Jakarta, yaitu sebagai tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games. 

Maka dari itu, menjadi kewajiban untuk mempromosikan daerah ini sebagai tuan rumah.

"Merupakan tahun yang bersejarah bagi Jakarta di mana ibu kota menjadi tuan rumah bagi dua pesta olahraga berskala internasional," kata Tinia.

Dengan tema "The Spirit of Jakarta", Jakarnaval tahun ini akan menjadi ajang promosi besar bagi kedua pesta olahraga tersebut.

Kegiatan Jakarnaval 2018 itu, membawa semangat untuk menyukseskan Asian Games dan Asian Para Games, akan mengusung citra "Jakarta Kota Maju Pariwisata, Bisnis, Olahraga, Sejahtera dan Sehat Warga Bahagia".

Sebanyak 4.000 peserta pawai akan memeriahkan Jakarnaval 2018, meliputi karnaval seni dan budaya serta parade 70 kendaraan hias dari berbagai komunitas dan instansi lintas sektoral.

Atraksi utama, yaitu pasukan pembawa bendera 45 negara peserta Asian Games yang didampingi oleh Abang-None Jakarta.

Peserta Jakarnaval 2018 akan terbagi menjadi dua rute. 

Pawai dengan berjalan kaki akan dimulai dari depan balai kota, mengitari Patung Arjuna Wijaya, melewati Kantor RRI, dan berakhir di sisi barat Silang Monas.

Pawai kendaraan hias akan dimulai dari depan Balai Kota Jakarta, mengitari Patung Arjuna Wiwaha, melewati kantor RRI, kemudian mengakhiri pawai di Harmoni. 

Pawai itu akan dilepas langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Setelah pawai, Jakarnaval 2018 akan dilanjutkan dengan acara panggung hiburan di Monas yang menampilkan sejumlah artis ternama Tanah Air, seperti Band The Dance Company, Rizky Febian, Siti Badriah, Dipha Barus, Budi Doremi dan NAFF.
 

Sumber: ANTARA




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID