logo rilis
Utusan Korsel Kunjungi Korut Bahas Perundingan dengan AS
Kontributor

05 Maret 2018, 14:54 WIB
Utusan Korsel Kunjungi Korut Bahas Perundingan dengan AS
Presiden Korsel Moon Jae-in bertemu dengan adik pemimpin Korea Utara Kim Yo Jong sebagai bentuk diplomasi melalui Olimpiade Muslim Dingin di Pyeongchang. FOTO: Reuters

RILIS.ID, Seoul— Perutusan Korea Selatan (Korsel) dipimpin pejabat tinggi keamanan dijadwalkan berangkat ke Korea Utara (Korut) pada hari ini (5/3/2018) dengan agenda membawa Pyongyang dan Washington ke meja perundingan.

Utusan yang terdiri dari 10 orang itu akan dipimpin Kepala Kantor Keamanan Nasional (NSO) Chung Eui-yong dan akan meninggalkan Korsel sekitar pukul 05.00 waktu setempat dari Pangkalan Udara Kota Seongnam dekat Seoul.

Ia akan didampingi Kepala Badan Intelijen Nasional (NIS) Suh Hoon dan Wakil Menteri Penyatuan Chun Hae-sung.

Hubungan yang mencair antara Korut dengan Korsel mendorong pembicaraan langsung pada masa depan antara Washington dan Pyongyang. 

Sebagaimana ramai diberitakan, sebelumnya, ketegangan dan pertengkaran antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Pemimpin Korut Kim Jong-un dikhawatirkan sangat berpotensi memicu perang.

Namun, kondisi itu mencair ketika Korsel menggelar Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang pada Februari lalu. Sejak itu, baik pihak Korut, Korsel, maupun AS menyatakan kesediannya untuk menggelar dialog soal krisis di semenanjung Korea itu.

Kendati demikian, Washington tetap menuntut Pyongyang menghentikan program nuklirnya terlebih dahulu. Tapi di satu sisi, Korut mengatakan tidak akan mau duduk apabila menuruti prasyarat AS.

Sumber: ANTARA




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID